Pengembangan Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) Tentang Konsep Hewan dan Benda Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Rasional Siswa Kelas III SD Kutoharjo 1 Kab. Rembang

Handayani, Sri and Nurmawati, Nurmawati and RAHMIAZASI, LUSI (2002) Pengembangan Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) Tentang Konsep Hewan dan Benda Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Rasional Siswa Kelas III SD Kutoharjo 1 Kab. Rembang. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
81447.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tuj uan mencari model pembelajaran yang sesuai untuk konsep hewan dan benda, agar dapat meningkatkan keterampilan berpikir rasional siswa sekolah dasar kelas III. Berdasarkan -basil jaran IP A di sekolah dasar ditemukan bahwa kegiatan belajar mengajar IPA kurang mengembangkan keterampilan berpikir rasional dan pembelajaran dikembangkan sejak usia dini, karena ketrampilan ini merupakan dasar dari kemampuan berpikir kompleks yang perlu diperhatikan untuk memabami dan analisis GBPP kurikulum IP A yang secara teoritis diperkirakan sesuai untuk konsep hewan dan benda serta dapat meningkatkan ketrampilan barpikir rasional siswa yang terdiri dari bagan konsep, analisis konsep, model pernbelajaran, LKS, dan perangkat tes. Dalam penelitian ini diujicobakan model pembelajaran Children Learning in Science (CL!S) untuk rneng~jarkan IP A sebagai proses. Model CLIS tersebut dilandasi dengan pandangan konstruktivisme, berpusat pada siswa, melalui aktivitas hand-on/minds-on, dan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar. Model pembelajaran CLIS dilaksanakan dalam lima tabap yaitu: oreintasi, pemunculan gagasan, penyusunan ulang gagasan, penerapan gagasan, dan mengkaji ulang perubahan gagasan. Model pembelajaran ini diujicobakan pada siswa kelas ill salab satu SD Negeri di Kecamatan Kota Kabupaten Rembang. Metodologi yang digunakan adalah penelitian kelas. Pengumpulan data dari tes dan wawancara yang digunakan adalah penelitian kelas. Pengumpulan data dari tes dan wawancara. Hasil tes basil belajar diolab secara statistik dengan uji-t, sedangkan wawancara dideskripsikan kemudian disimpulkan. Hasil ujicoba tersebut, diperoleb temuan bahwa model CLIS untuk konsep bewan dan benda dapat meningkatkan penguasaan konsep, ketrampilan berpikir rasional, ketrampilan proses ~;ains. Siswa yang tergolong kelompok sedang memperoleh peningkatan basil yang lebib baik dari pada siswa yang termasuk kelompok rendah dan tinggi. Model pembelajaran CLIS mempunyai karakteristik (1) dilandasi pandangan konsrukrivisme dengan memperbatikan pengalaman dan konsepsi awal siswa (2) pembelajaran berpusat pada siswa (3) melakukan kegiatan hands-on dan melatih berfikirnya mins-on ( 4) menggunakan lingkungan sebagai sarana dan smnber belajar. Berdasarkan basil analisis data antara lain (1) tes hasil belajar antara pretest dan postest mengalami peningkatan 20,87 % (2) peningkatan konsep hewan 13,28 % dan konsep benda 21,69 % (3) peningkatan pada asp~k ketrampilan berpikir rasional rata-rata 25% (4) aspek ketrampilan proses sain meningkat 15 % (5) tanggapan siswa terhadap model pembelajaran bervariasi dan siswa selalu aktif

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 07/81447
Uncontrolled Keywords: BERFIKIR RASIONAL; SISWA SD KELAS III
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
700 The Art, Fine and Sport > 740-749 Drawing and Decorative Art (Menggambar dan Seni Dekorasi) > 745.5 Handicrafts/Kerajinan Tangan, Keterampilan Tangan, Seni Terampil, Seni Kreatif
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 18 Oct 2016 02:27
Last Modified: 19 Oct 2016 08:24
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2984

Actions (login required)

View Item View Item