Model Pembelajaran Kooperatif dalam Rangka Upaya Peningkatan Kemampuan Penampilan Mengajar Guru SD

Karuru, Perdy and Lince, Ranak and Abidin, Zainal (2003) Model Pembelajaran Kooperatif dalam Rangka Upaya Peningkatan Kemampuan Penampilan Mengajar Guru SD. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
81276.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk meningkatkan kemampuan penampilan mengajar guru. Untuk mencapai hal tersebut, seorang guru SD yang melanjutkan pendidikannya pada D-II PGSD perlu dibekali dengan contoh-contoh model pembelajaran yang baik, yang dapat diamati dan dipelajari secara langsung dan berulangkali sehingga mereka dapat menerapkannya di sekolah dimana mereka mengajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk membantu mahasiswa dalam kesiapannya mengikuti praktek kemampuan mengajar (PKM), (2) membuat suatu contoh model pembelajaran yang dapat diamati dan dipelajari oleh mahasiswa secara langsung dan berulangkali, dan (3) untuk membantu mahasiswa dalam meningkatkan keterampilan mengajarya. Subjek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif yang dibuat melalui rekaman vidio, sedangkan audience adalah mahasiswa D-II PGSD pada UPBJJ UT Makassar pokjar Tondon Nanggala sebanyak 30 orang. Variabel-variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaan kooperatif, satuan acara tutorial, dan hasil rekaman model pembelajaran. Data yang diperoleh berupa hasil penilaian terhadap satuan acara tutorial (SAT), dan pelaksanaan program tutorial dianalisis dengan statistik deskiiptif, sedangkan data hasil rekaman kegiatan instruksional dalam kelas, nilainya dipersentase dan selanjutnya dibuat dalam histogram. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bentuk penyampaian model pembelajaran kooperatif melalui rekaman vidio mudah diamati dan dipelajari oleh mahasiswa secara langsung dan berulangkali, dan memiliki relevansi antara perencanaan dan pelaksanaan dalam kcgiatan belajar mengajar, serta model pcmbelajaran kooperatif dapat melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 05/81276
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru sd, pembelajaran kooperatif
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 18 Oct 2016 07:02
Last Modified: 29 Nov 2018 02:25
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/3090

Actions (login required)

View Item View Item