Sikap Tutor PGSD Universitas Terbuka terhadap Program Tutorial

Teguh, and Narzet, Yuliani (2003) Sikap Tutor PGSD Universitas Terbuka terhadap Program Tutorial. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
81291.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya berbagai program tutorial yang ada. Universitas Terbuka (UT) terutama program PGSD yaitu program D2 proyek, swadana, penjaskes, dan program S1 PGSD, dengan para tutor yang berbeda latar belakang pendidikan dan pengalaman. Para tutor untuk program D2 PGSD guru kelas dan penjaskes proyek diberi penataran oleh dinas diknas tingkat propinsi sedang tutor D2 PGSD Swadana tidak diadakan penataran khusus untuk memberikan tutorial , dan untuk program S1 PGSD para tutor diambil dari dosen UT yang ada di UPBJJ dan dosen dari perguruan tinggi pembina, yaitu Unsri. Dengan demikian memungkinkan untuk adanya perbedaan sikap pandang terhadap program tutorial yang dilaksanakan oleh UT tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Me1ihat sikap tutor PGSD secara keseluruhan terhadap program tutorial program penyetaraan 02 dan program sarjana S 1 PGSD UT, (2) Melihat perbedaan sikap dari kelompok tutor PGSO (02 Proyek, 02 Swadana, 02 Penjaskes, dan S 1) terhadap program tutorial program 02 dan S 1 . Pene1itian ini di1aksanakan di wialayah Sumatera Selatan dengan populasi seluruh tutor yang ada dan sampel diambil dengan menggunakan teknik samping purposif yang berjumlah tutor D2 proyek 25, tutor D2 swadana 30, tutor D2 penjaskes 15 dan tutor S 1 PGSD berjumlah 13 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner, kemudian dilakukan penskoran dengan skala Likert dan ditabulasi untuk memperoleh nilai rataan, standar deviasi untuk melihat sikap tutor terhadap program tutorial diantaranya dengan persentase dan untuk melihat perbedaan sikap dilakukan uji statistik dengan Anova Pembanding Ganda Scheffe. Dari analisis statistik diperoleh kesimpulan bahwa seluruh tutor mempunyai sikap positif terhadap program tutorial. Tutor D2 proyek dan S I PGSD memiliki sikap yang lebih tegas bila dibandingkan dengan dua kelompok tutor lainnya, yaitu tutor D2 swadana dan D2 penjaskes. Di samping itu, program tutorial perlu mendapat perhatian khusus demi peningkatan mutu atau kualitas tutorial itu sendiri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 05/81291
Uncontrolled Keywords: tutorial, pgsd
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.102 Teaching (Pendidikan, Pengajaran)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 18 Oct 2016 08:32
Last Modified: 27 Feb 2019 04:37
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/3133

Actions (login required)

View Item View Item