Laporan Penelitian Studi Deskriptif tentang Pelaksanaan Tutorial Intensif untuk Matakuliah Matematika I FMIPA UT di UPBJJ Jakarta

Indrawati, Endang and Triwidiastuti, Sri Enny (1990) Laporan Penelitian Studi Deskriptif tentang Pelaksanaan Tutorial Intensif untuk Matakuliah Matematika I FMIPA UT di UPBJJ Jakarta. Project Report. Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
80095.pdf

Download (859kB) | Preview

Abstract

Untuk meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa FMIPA-UT khususnya program studi Matematika pada matakuliah Matematika I maka FMIPA UT mengadakan Tutorial Intensif, Selain matakuliah Matematika I, pada Tutorial Intensif ini dilaksanakan pertemuan tatap muka untuk matakuliah Metode Statistik I, Kalkulus I dan Kimia I, semuanya merupakan matakuliah dasar yang harus ditempuh mahasiswa program studi Matematika. Perbedaan Tutorial Intensif dan Tutorial Biasa adalah dalam hal metode penyampaian materi. Dalam Tutorial Intensif ini pengajarannya sudah terprogram yaitu: 1. Frekuensi pertemuan adalah 6x setiap semester 2. Lama pertemuan adalah 3 jam setiap kali tatap muka untuk 2 matakuliah. 3. Pada setiap kali pertemuan diadakan pre test dan post test. Pre test untuk mengetahui sampai di mana kesiapan belajar mahasiswa, sebelum menghadiri TI dan disampaikan sebelum mahasiswa mengikuti kuliah tatap muka. Dengan pendamping hasil pre test dan post test (disampaikan sesudah mahasiswa mengikuti kuliah tatap muka) maka dapat diketahui sejauh mana mahasiswa mampu menyerap materi yang disampaikan oleh tutor utama/tutor pendamping. 4. Tutor adalah dosen yang sudah berpengalaman dan sangat selektif pemilihannya. Tutor utama dibantu oleh tutor pendamping yang merupakan staf akademik FMIPA UT sendiri. 5. Untuk meningkatkan pemahaman bahan belajar (modul) mahasiswa dianjurkan juga memanfaatkan audio grafik. Karena TI ini masih bersifat percobaan (baru kali ini dilaksanakan) maka perlu dilihat dan dikaji daya guna dan hasil gunanya terhadap kemajuan nilai mahasiswa yang tercermin pada hasil Ujian Akhir Semester. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan (ditinjau dari hasil UAS) bahwa kemajuan belajar mahasiswa peserta dan non peserta TI tidak berbeda jauh. Tetapi terlihat peningkatan pemahaman mahasiswa untuk matakuliah Matematika I yang tercermin pada perbandingan hasil pre test dan post test pada tiap kali pertemuan tatap muka. Peningkatan pemahaman mahasiswa dapat terjadi: 1. pada mahasiswa yang siap (mempelajari materi dahulu sebelum pertemuan tatap muka). 2. jumlah kehadiran mahasiswa > 75%. 3. mahasiswa yang mempergunakan bahan penunjang dalam mempelajari matakuliah Matematika I. 4. cara penyampaian materi yang jelas oleh tutor.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 90/80095
Uncontrolled Keywords: tutorial, intensif, matematika 1, UPBJJ Jakarta
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 18 Oct 2016 08:41
Last Modified: 08 Oct 2018 02:24
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/3143

Actions (login required)

View Item View Item