Usaha Kepala Sekolah Dalam Membina Mata Pelajaran Kerajinan Tangan dan Kesenian di Sekolah Dasar

MARIAH, YAYAH SITI (2000) Usaha Kepala Sekolah Dalam Membina Mata Pelajaran Kerajinan Tangan dan Kesenian di Sekolah Dasar. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
81040.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif dengan hanya melibatkan satu variabel yaitu Usaha Kepala Sekolah dalam Membina Mata pelajaran Kerajinan Tangan dan Kesenian di Dekdikbudcam Kembangan. Tujuan yang hendak dicapai dari pelaksanaan penelitian ini •ialah untuk mendapatkan informasi sejauh mana Kepala Sekolah Dasar Negeri dalam melaksanakan pembinaan terhadap mata pelajaran di dalam kelas. Secara khusus penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkapkan usaha Kepala Sekolah dalam membina mata pelajaran Kerajinan Tangan dan Kesenian. Populasi penelitian ialah Kepala Sekolah Dasar Negeri yang berada di Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Kembangan sejumlah 60 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak (random sampling). Jumlah sampel Kepala Sekolah yang dilibatkan sebanyak 30 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner dan pengamatan (observasi). Pengamatan /observasi dipakai untuk melengkapi data-data yang diperoleh dari teknik kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, yang digunakan untuk memperoleh data tentang usaha kepala sekolah dalam membina mata pelajaran kerajinan tangan dan kesenian. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini mempergunakan perhitungan statistik, yaitu diolah dalam bentuk persentase. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam rangka membina mata pelajaran KTK Kepala Sekolah mengusahakan adanya pedoman khusus mata pelajaran Kerajinan Tangan dan Kesenian disamping pedoman kurikulum dari pemerintah. Sedangkan sikap sekolah terhadap pedoman yang diberikan oleh pemerintah sebagian besar disesuaikan dengan keadaan sekolah dan masyarakat setempat. Penangungjawan mata pelajaran KTK hampir seluruh Sekolah Dasar terdapat suatu team penanggung jawab yang dikordinir oleh Kepala Sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 01/81040
Uncontrolled Keywords: ktk, pendidikan sekolah dasar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 19 Oct 2016 08:55
Last Modified: 20 Oct 2016 01:16
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/3300

Actions (login required)

View Item View Item