Pemerolehan Kalimat Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Peralihan dari Jenjang Kelas Rendah ke Kelas Tinggi

Masyruk M, (2000) Pemerolehan Kalimat Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Peralihan dari Jenjang Kelas Rendah ke Kelas Tinggi. Project Report. Universitas Terbuka, Makassar.

[img]
Preview
Text
81045.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemerolehan kalimat bahasa indonesia siswa sekolah dasar peralihan dari jenjang kelas rendah ke kelas tinggi. Secara khusus penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) pilihan kata yang digunakan dalam mebuat kalimat bahasa Indonesia (2) struktur kalimat yang digunakan (3) latar belakang munculnya pilihan kata yang digunakan dalam kalimat (4) latar belakang munculnya struktur bahsa indonesia yang digunakan. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini ialah siswa kelas III sekolah dasar se kecamatan pamboang kabupaten majene. Sampel yang digunakan sebanyak 18 orang siswa dari tiga sekolah dasar yaitu SDN 3 Tainembung, SDN 4 Gelung-Galung dan SDN 25 Galung galung. Hasil pembahsan disimpulkan hasil penelitian sebagai berikut: (1) dalam hal pemilihan kata, siswa peralihan masih (a) menggunakan kata bentukan yang dipengaruhi oleh pembentukan bahasa mandar. (b) mengalami kesulitan mengungkapkan konsep-konsep erntun. (melakukan generalisasi penggunaan imbuhan yang salah. (2) dalam penyusunan struktur, siswa peralihan (a) menerapkan struktur kalimat bahasa mandar ke bahasa Indonesia (b) mengalami kesulitan dalam menyusun kalimat dengan penalaran yang benar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 01/81045
Uncontrolled Keywords: bahasa indonesia, kelas peralihan sd
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 20 Oct 2016 01:45
Last Modified: 13 Feb 2019 03:45
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/3311

Actions (login required)

View Item View Item