Penelusuran Keberhasilan Belajar Mahasiswa Lulusan Sleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Penulusuran Minat dan Kemampuan

Suradinata, Muchkiar (1991) Penelusuran Keberhasilan Belajar Mahasiswa Lulusan Sleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Penulusuran Minat dan Kemampuan. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
80313.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Studi ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan empiric tentang efektifitas pola se leksi mahasiswa baru jalur PHDK dengan cara mencari hubungan dan kontribusi beberapa variabel hasi l belajar selama di SLTA terhadap keberhasilan belajar di perguruan tinggi. SampPl pene litian ini adalah mahaslswa yang diterima manasiswa di universitas nelalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan di Universitas Indonesia Jakarta, Universitas Padjadjaran Bandung, Universitas Gajah Mada Yogyakarta, dan Universitas Udayand Denpas~t ~ Jumlah sampel y~ng terkumpul adalah sebanyak 154 mahasiswa, yang terdiri dari berbagai angkatan. D3ta untuk penelitian ini diperoleh melalui pengumpulan data dari BAAK masing-masing univ~rsitas. dari wawancara dan pengumpulan dokumen yang dimiliki mahasiswa, dan dengan cara mengadministrasikan instrum~n p~nelitian Kebiasaan dan Sikap Belajar (1967) secara inaiv1dual kepada responden. Data yang diperoleh di~nalisis dengan menggunakan paket statistik SPSS/ PC denaan menggunakan analisis deskripsi data, kros-tabulasi, kor~l•si. dan regresi ganda. Kesimpulan: Berdasarkan temuan penelitian ini maka dapa~ ditarik dua kesimpulan pokok, yaitu: a. pada umumnya mahasiswa yang diterima melalui jalur Pen~lusu ran H ina t dan Kemami?U '3.n cendP rung un tuk mempunyai IPK yang cukup tinggi, dan bila dibandingkan dengan IPK mahahasiswa yang diterima deng:in cara seleksi ) ainnya (Zainul, 1888) kelihatan adanya para mahasiswa ya ~g diterima denga~ PHDK ini memiliki IPK yang lebih tinggi dan berbeda secara berarti. b. Prediktor keberhasilan b~lajar yang ebih baik bagi mahasiswa yang diterima melalui j:11ur Penelusuran Hina~ dan Kemampuan adalah predi~tor non-i.n teleKtif. yaitu kebiasaan dan sikap belajar yang diukur ~ ~ngan the Study Habits and Attitudes (1907).

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 94/80313
Uncontrolled Keywords: Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378 Higher Education, Universities (Pendidikan Tinggi, Unversitas)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 20 Oct 2016 05:01
Last Modified: 20 Oct 2016 05:01
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/3414

Actions (login required)

View Item View Item