Masalah-Masalah Belajar Mandiri dalam Sistem Belajar Jarak Jauh pada Mahasiswa P2MGSD Setara D-II di Kabupaten Pamekasan

Farisi, Mohammad Imam (1996) Masalah-Masalah Belajar Mandiri dalam Sistem Belajar Jarak Jauh pada Mahasiswa P2MGSD Setara D-II di Kabupaten Pamekasan. Project Report. Universitas Terbuka, Pamekasan.

[img]
Preview
Text
80735.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemandirian belajar mahasiswa menjadi prasyarat utama bagi keberhasilan pendidikan yang menggunakan sistem bela jar jarak jauh. Realitas bahwa tidak semua mahasiswa memiliki kemampuan belajar mandiri dan tidak semua merasa cocok dengan sistem belajar mandiri menimbulkan masalah-masalah yang perlu segera diidentifikasi dan dicarikan jalan pemecahannya melalui penelitian.Penelitian ini bertujuan mengkaji, mengidentifikasi dan mendeskripsikan masalah-masalah belajar mandiri, faktor-faktor penyebab dan faktor-faktor kontributifyang bisa dipertahankan dan ditingkatkan guna mengatasinya pada mahasiswa P2MGSD setara D.II. Sehingga dapat digunakan sebagai sebagai bahan informasi empirik baik bagi mahasiswa sendiri, tutor, dan pelaksana/pengelola SBJJ di daerah, serta pihak Universitas Terbuka sebagai penyelenggara program mengenai berbagai aspek aktivitas belajar mandiri mahasiswa P2MGSD setara D.II. Subyek penelitian sebanyak 42 (28%) orang para mahasiswa P2MGSD setara D.Il angkatan tahun akadernik 1991-1992 yang terdapat di pokjar Kecarnatan Baturnarmar, Waru, Tlanakan, Pegantenan, dan Proppo Kabupaten Pamekasan. Yang dipilih secara acak Data penelitian dijaring melalui angket/questioner tipe pilihan ganda tertutup, dan analisis hasilnya dilakukan melalui teknik accounting atau prosentase. Selanjutnya dibahas secara urnurn. Temuan penelitian menunjukkan adanya tiga masalah pokok yang dihadapi mahasiswa P2MGSD setara D.II, berkenaan dengan rnasalah sikap dan kebiasaan belajar mandiri, pengaturan dan penggunaan waktu bela jar mandiri (individual dan kelompok), serta pemerolehan pengetahuan. Ketiga masalah pokok ini disebabkan oleh kurang terciptanya iklim belajar mandiri baik karena faktor mahasiswa sendiri, tutor, bahan dan surnber belajar (modul) termasuk mekanisme pendistribusiannya, suasana lingkungan kelja di Sekolah Dasar tempat kelja mahasiswa, dan lingkungan keluarga. Penelitian ini juga menemukan faktor-faktor kontributif yang dapat dipertahankan dan ditingkatkan guna mengatasi masalah-masalah belajar mandiri yang dihadapi mahasiswa P2MGSD setara D.II, yang bersumber dari diri mahasiswa sendiri, seperti keyakinan, kesiapan, rninat dan perhatian, serta motivasi diri dalam dan untuk belajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 98/80735
Uncontrolled Keywords: Belajar Mandiri
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 21 Oct 2016 09:45
Last Modified: 21 Oct 2016 09:45
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/3639

Actions (login required)

View Item View Item