Taufiq, Ahmad (2015) Evaluasi Pencapaian Kinerja Berbasis Balanced Scorecard pada Organisasi Sektor Publik (Studi Kasus pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Utara II). Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41797.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Dalam rangka mewujudkan tujuan reformasi birokrasi, agenda reformasi birokrasi di lingkungan Kementerian Keuangan bertumpu pada penataan dan penajaman fungsi organisasi, penyempurnaan proses bisnis (business process). serta peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk memastikan keberhasilan pencapaian tujuan reformasi birokrasi dan sejalan dengan good governance itu sendiri, maka diperlukan suatu sistem penilaian kinerja sebagai bagian dari sistem pengelolaan. Sejak tahun 2007. Kementerian Keuangan telah menetapkan penggunaan metode Balanced Scorecard dalam pengelolaan kine1ja dengan tujuan agar kinerja menjadi terukur dan terarah. Di lain sisi, kinerja organisasi Ditjen Pajak dalam mengamankan penerimaan negara mulai dipertanyakan seiring tidak tercapainya penerimaan pajak sejak tahun 2009. Berdasarkan Laporan Keuangan Direktorat Jenderal Pajak untuk tahun 2008 sampai dengan 2013, dikctahui bahwa realisasi pencrimaan pajak adalah 106.82%(2008); 94,33% (2009): 94,85% (2010); 97,26% (2011); 94.44% (2012): dan 92.58% (20 13 ). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengelolaan kine~ja berbasis Balanced Scorecard pada organisasi sektor publik dengan studi kasus pada Kanwil DJP Sumatcra Utara II. Penelitian ini berjenis deskriptif melalui studi kasus dengan menggunakan metode kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dari hasil wawancara dan observasi serta data sekunder dari hasil dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan proses pengelolaan kinerja berbasis Balanced Scorecard pada Kanwil DJP Sumatera Utara II pada tahun 2013 dan 2014. Pada hasil akhir diketahui pencapaian kinerja pada Kanwil DJP Sumatera Utara II dengan metode Balanced Scorecard menunjukkan nilai scbesar 95,64% pada tahun 2013 dan 102,11% pada tahun 2014 dari masing-masing target sebesar l00%. Dari pencapaian kinerja terse but dapat diketahui bahwa kinerja tahun 2014 mengalami peningkatan dari tahun 2013.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 16/41797.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Performance Measurement, Public Sector Organizastions, Balanced Scorecard, Pengukuran Kinerja, Sektor Publik, Balanced Scorecard |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3 Personnel Management (Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 25 Jul 2016 07:48 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 07:48 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/392 |
Actions (login required)
View Item |