Sasmita, Yulia (2015) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa dengan Model Problem Based Learning. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41792.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMA Negeri 1 Sukamara kelas XII tahun ajaran 2014/2015 dengan Problem Based Learning pada materi barisan dan deret aritmetika dan pembelajaran konvensional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan pembelajaran konvensional. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design dengan jenis post test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sukamara sebanyak 148 siswa Tahun Ajaran 2014/2015. Sampel sebanyak 51 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen (XII IPA-1) dan kelas kontrol (XII IPA-2). Instrumen pada penelitian ini tes bentuk uraian untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas (uji Kolmogorov Smirnov). Selanjutnya dilakukan uji Mann-Whitney dengan p-value= 0 <a= 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata skor akhir kelas eksperimen sebesar 25,11 (84%), dengan rata-rata skor siswa yang memahami masalah adalah 9,9, rata-rata skor siswa yang melaksanakan perencanaan penyelesaian 8,2, dan rata-rata skor siswa yang me]aksanakan penerapan penyelesaian 7, 1. Sedangkan rata-rata skor akhir kelas kontrol 18,08 ( 60% ), dengan rata-rata skor siswa yang memahami masalah adalah 8,0, rata-rata skor siswa yang melaksanakan perencanaan penyelesaian 6,7, dan rata-rata skor siswa yang melaksanakan penerapan penyelesaian 3,4. Kesimpulannya PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sukamara.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 16/41792.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning (PBL), Conventional Learning, Mathematic Problem Solving, Pembelajaran Konvensional, Pemecahan Masalah Matematika |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.102 Teaching (Pendidikan, Pengajaran) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.238 Upper Level Secondary School (Sekolah Menengah Atas, SMA) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 26 Jul 2016 04:06 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 04:06 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/398 |
Actions (login required)
View Item |