Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa SMA

Yulita, Yulita (2014) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa SMA. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42114.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis sangat penting untuk dikuasai siswa terutama dalam mengerjakan soal-soal matematika yang berbentuk uraian yang memerlukan kemampuan pemecahan masalah dan sistematis dalam penyelesaiannya. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran matematika konvensional, 2) perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran matematika konvensional. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA pada salah satu sekolah di Kecamatan Abung Semuli dengan satu kelas sebagai kelas eksperimen (mendapatkan pembelajaran berbasis masalah) dan satu kelas sebagai kelas kontrol (mendapatkan pembelajaran matematika konvensional). Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah instrumen tes. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatifmenggunakan uji-t. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) terdapat perbedaan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang belajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan yang belajar menggunakan pembelajaran matematika konvensional, 2) terdapat perbedaan nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan yang belajar menggunakan pembelajaran matematika konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/42114.pdf
Uncontrolled Keywords: problem-based learning, problem solving ability mathematics, mathematical communication skills, pembelajaran berbasis masalah, kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 28 Jul 2016 09:23
Last Modified: 28 Jul 2016 09:23
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/416

Actions (login required)

View Item View Item