Evaluasi Formatif Bahan Ajar Fisika Dasar 1

Purwoningsih, Tuti (2015) Evaluasi Formatif Bahan Ajar Fisika Dasar 1. In: Seminar Nasional Fisika 2015, 6 Juni 2015, UNJ Jakarta.

[img]
Preview
Text
2015-dn-030.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Bahan ajar hendaknya memenuhi kriteria bai k dari tata bahasa yang digunakan maupun dari segi keterbacaan , sehingga Buku Materi Pokok (BMP) mudah dibaca dan dicerna, dengan menggunakan bahasa yang sederhana, komu nikatif dan jelas. Penelitian ini bertujuan mengu mpul kan data dan informasi yang spesifik dan ri nci dari BMP Fisi ka Dasar 1 u ntuk merevisi BMP tersebut agar sesuai dengan strategis pembelajaran yang menerapkan pri nsip-prinsip pembelajaran mandiri. Model pengembangan bahan ajar yang digunakan dalam penel i tian ini adalah Model Instructional Design for Distance Education by Michael Simonson , dkk (2012) yang mengadaptasi The Systematic Design of Instruction by Dick , Carey and Carey (2009). Hasil penelitian menunju kkan bahwa BMP Fisi ka Dasar 1 perlu direvisi karena kompetensi yang akan dicapai mahasiswa masih rendah atau setingkat SMA. Tingkat pencapaian dan• kualifikasi BM P Fisika Dasar dari hasil reviu ahl i materi yang masih rendah adalah 1) kesesuaian materi dengan kompetensi yang akan dicapai mahasiswa ; 2) keluasan materi untuk program studi pendidi kan fisika; 3) kedalaman materi untuk program studi pendidikan fisika; 4) kejelasan ilustrasi, contoh dan non contoh; serta 5) kemenarikan il ustrasi, contoh dan non contoh.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 2015-dn-030
Uncontrolled Keywords: formative evaluation, teaching materials, teaching strategies, Physics 1
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375.006 Curriculum Change, Curriculum Evaluation (Perubahan Kurikulum, Evaluasi Kurikulum)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 31 Oct 2016 09:01
Last Modified: 31 Oct 2016 09:01
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/4891

Actions (login required)

View Item View Item