Penerapan Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar

Anshori, Sodiq (2014) Penerapan Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. In: Seminar Temu Ilmiah Guru Nasional VI (TING VI), 28-30 November 2014, UTCC.

[img]
Preview
Text
2014-dn-032.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Penilaian otentik diartikan sebagai suatu penilaian atas produk, dan kinerja yang berhubungan dengan pengalaman kehidupan peserta didik. Penilaian otentik tidak hanya mengukur apa yang diketahui oleh peserta didik, tetapi lebih menekankan mengukur apa yang dapat dilakukan oleh peserta didik. Penerapan penilaian otentik, guru harus memiliki wawasan yang luas tentang pengalaman dan permasalahan kehidupan nyata. Penilaian otentik (Authentic Assessment) memiliki relevansi kuat terhadap pendekatan scientific dalam pembelajaran sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013. Karena, asesmen semacam ini mampu menggambarkan peningkatan hasil belajar peserta didik, baik dalam rangka mengobservasi, menalar, mencoba, membangun jejaring. Penilain otentik cenderung terfokus pada tugas-tugas kompleks atau kontekstual, yang memungkinkan peserta didik untuk menunjukkan kompetensi mereka dalam pengaturan yang lebih autentik. Karenanya, asesmen autentik sangat relevan dengan pendekatan tematik terpadu dalam pembelajaran, khususnya jenjang sekolah dasar atau untuk mata pelajaran yang sesuai.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 2014-dn-032
Uncontrolled Keywords: Penilaian otentik, Pembelajaran Tematik
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 31 Oct 2016 09:25
Last Modified: 17 Sep 2018 08:47
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/4900

Actions (login required)

View Item View Item