Abubakar, Rusydi and Jamaluddin, (2012) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Pengguna Kartu Pra-Bayar Xl pada Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh. In: Semnas Fekon: Optimisme Ekonomi Indonesia 2013, Antara Peluang dan Tantangan.
|
Text
fekon2012-33.pdf Download (527kB) | Preview |
Abstract
Mengingat jumlah pelaku di dunia telekomunikasi semakin bertambah dan hal ini akan mendorong semakin tajamnya persaingan antar operator. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh berinteraksi dengan pelanggan, membangun program loyalitas, mempersonalisasikan pemasaran dan menciptakan ikatan institusional terhadap loyalitas pelanggan pengguna kartu pra bayar XL pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan pengguna kartu pra bayar XL pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dan menggunakan alat bantu SPSS. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel berinteraksi dengan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pengguna kartu pra bayar XL di Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh. Mengembangkan program loyalitas tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pengguna kartu pra bayar XL di Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh. Variabel mempersonalisasikan pemasaran tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pengguna kartu pra bayar XL di Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh. Variabel menciptakan ikatan institusional berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pengguna kartu pra bayar XL di Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh. Sedangkan secara bersamaan diketahui bahwa nilai Fhitung 11,648 > Ftabel 3,007, yang berarti secara bersamaan (simultan) faktor-faktor loyalitas berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pengguna kartu pra bayar XL di Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh. Faktor berinteraksi dengan pelanggan merupakan faktor dominan yang mempengaruhi loyalitas pengguna kartu pra bayar XL di Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh. Kesimpulan yang dapat diambil adalah faktor berinteraksi dengan pelanggan dan faktor mencipatakan ikatan institusional secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pengguna kartu pra bayar XL di Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh, sedangkan faktor mengembangkan program loyalitas dan mempersonalisasikan pemasaran secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pengguna kartu pra bayar XL di Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh. Saran dari penulis dalam hal menerapkan strategi mengembangkan program loyalitas dan mempersonalisasikan pemasaran, perusahaan XL harus lebih dikembangkan demi meningkatkan loyalitas pengguna kartu pra bayar XL.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information (ID): | fekon2012-33.pdf |
Uncontrolled Keywords: | pelanggan, pengguna kartu pra bayar, pengaruh |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan) |
Divisions: | Prosiding Seminar UT > Seminar Nasional FEKON-UT 2012 |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 01 Nov 2016 06:03 |
Last Modified: | 21 Sep 2018 02:50 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/4995 |
Actions (login required)
View Item |