Pemetaan Kesiapan Pengajaran Bernuansa Pendidikan Karakter Berwawasan Lingkungan Siswa SMA IPS Di Wilayah Gerbang Kertasusila

Surjanti, Jun (2012) Pemetaan Kesiapan Pengajaran Bernuansa Pendidikan Karakter Berwawasan Lingkungan Siswa SMA IPS Di Wilayah Gerbang Kertasusila. In: Semnas Fekon: Optimisme Ekonomi Indonesia 2013, Antara Peluang dan Tantangan.

[img]
Preview
Text
fekon2012-38.pdf

Download (834kB) | Preview

Abstract

Nilai karakter yang sebaiknya diterapkan pada siswa, yang berguna untuk menumbuhkan secara bersama-sama tanggung jawab moral untuk berperilaku etis terhadap alam. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeteksi pemahaman guru tentang kurikulum berbasis karakter pada mata pelajaran ekonomi (2) Kesiapan penerapan Pendidikan Karakter Ekonomi Berbasis Pendidikan Ekonomi Berwawasan Lingkungan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan perhitungan persentase, yang digunakan untuk mengukur responsif guru dalam mengaplikasikan pendidikan karakter berbasis ekonomi berwawasan lingkungan. Responden penelitian adalah guru pengajar mata pelajaran ekonomi sebaganyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sangat paham dengan pendidikan karakter (78,1 %) dan pendidikan berwawasan lingkungan (56,25%). Seluruh guru (100%) menyatakan setuju ada pendidikan karakkter berwawasan lingkungan dan setuju menerapkan Kurikulum berwawasan lingkungan (Ekonomi Berkelanjutan). Kesiapan guru menerapkan pendidikan karakter berwawasan lingkungan, antara lain menunjukkan bahwa guru yang siap menerapkan pendidikan karakter hanya (56,3%), sedangkan lainnya menyatakan belum siap. Bahkan sebanyak 71,9% menyatakan belum mampu menerapkan dalam kurikulum ekonomi. Guru yang mau menerapkan pendidikan karakter pada materi pengajaran hanya 59,4%, sedangkan lainnya tidak bersedia. Kesiapan aplikatifnya adalah 50% menjawab ya dan 50% menyatakan tidak. Meskipun demikian keinginan guru dalam pendidikan karakter berwawasan lingkungan didukung sebanyak 81,3%, karena guru juga memiliki tingkat kepentingan dalam mengajarkan pendidikan karakter berwawasan lingkungan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): fekon2012-38.pdf
Uncontrolled Keywords: kesiapan guru, pendidikan karakter, lingkungan
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Seminar Nasional FEKON-UT 2012
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 01 Nov 2016 06:43
Last Modified: 25 Sep 2020 16:23
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5019

Actions (login required)

View Item View Item