Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Suprapto, (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41405.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa. Pembelajaran model STAD membuat siswa saling berinteraksi, berbagi informasi, dan bekerja sama dalam memahami konsep matematika yang sedang dipelajari. Kemampuan representasi matematis mempunyai peranan penting dalam pemecahan masalah matematis. Siswa yang memiliki kemampuan representasi baik akan dapat memecahkan masalah matematis dengan baik pula. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest–posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pringsewu Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 238 siswa yang memiliki kemampuan kognitif sedang. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, diambil 2 kelas, satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang dipergunakan soal kemampuan representasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbentuk uraian. Kemampuan representasi matematis yang dikaji adalah representasi simbolik, ilustratif dan linguistik. Kemampuan pemecahan masalah yang dikaji adalah kemampuan memahami masalah, merancang model, menyelesaikan model, dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Hasil uji t terhadap skor pre test pada taraf signifikansi α = 0,05 ditemukan bahwa sebelum diberi perlakuan kedua kelompok memiliki kemampuan awal yang sama pada aspek kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis. Hasil uji t terhadap skor post test pada taraf signifikansi α = 0,05 ditemukan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang diberikan pembelajaran model STAD lebih baik daripada siswa yang diberikan pembelajaran konvensional. Hasil Uji Mann-Whitney pada taraf signifikansi α = 0,05 ditemukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberikan pembelajaran model STAD lebih baik daripada siswa yang diberi pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model STAD lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Sebagai kesimpulan, penelilitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang positif model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41405.pdf
Uncontrolled Keywords: Type STAD Cooperative Learning Model, Mathematical Representation, Mathematical Problem Solving, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Representasi Matematis, Pemecahan Masalah Matematis.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 02 Aug 2016 01:21
Last Modified: 02 Aug 2016 01:31
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/537

Actions (login required)

View Item View Item