Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Pembelajaran Tematik Melalui Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif di Kelas III SD 02 Temulus Kabupaten Kudus

Indriasih, Aini and Rohman, (2014) Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Pembelajaran Tematik Melalui Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif di Kelas III SD 02 Temulus Kabupaten Kudus. Project Report. Universitas Terbuka, Semarang.

[img]
Preview
Text
2014_192.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Alat permainan edukasi adalah salah satu media berbasis simulasi didesain untuk menstimulasikan permasalahan yang ada, sehingga diperoleh esensi ilmu yang dapat digumakan untuk menyelesaikan masalah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menerapkan pendidikan karakter berbasis tematik di kelas III SD 02 Temulus dengan memanfaatkan alat permainan edukatif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menstimulasi perkembangan karakter anak melalui permainan yang mendidik, meningkatkan kemampuan anak dalam memahami materi pelajaran di sekolah, memberikan alternatif kegiatan bermain sambil belajar, membudayakan anak untuk terampil mengatasi masalahnya secara mandiri, mendorong guru untuk dapat lebih kreatif membelajarkan anak dengan media yang menarik dan sesuai dengan perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen (eksperimen semu). Metode pengumpulan yang digunakan: 1) Observasi, 2 ) pre-tes post tes dan, 3) Eksperimen untuk menguji efektifitas penggunaan media. Pelaksanaan penelitian dilakukan di SD 02 Temulus kabupaten Kudus Hasil penelitian diperolejh nilai keaktifan siswa dalam pembelajara sebesar 84 dengan krtiteria sangat baik. Adapun nilai keterampilan dalam pembelajaran sebesar 81 dengan criteria baik, sedangkan ketuntasan belajar diperoleh skor 88. Dari hasil uji pengaruh keaktivan terhada hasil belajar diperoleh skor 0,68, yang artinya masih ada pengaruh dari variable alin sebesar 0,32. Sedangkan pengaruh keterampilan siswa dalam pembelajaran diperoleh skor 0,616 sehingga masih ada pengaruh variable lain sebesar 0,384. Uji banding sebelum dan sesudah perlakukan (uji t) diperoleh nialai t = 11,3 < d 0,05 dapat diartikan bahwa ada perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah perlaukuan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_192
Uncontrolled Keywords: permainan edukatif, pembelajaran tematik, pendidikan karakter.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 04 Nov 2016 04:37
Last Modified: 08 Oct 2018 03:37
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5468

Actions (login required)

View Item View Item