Dampak Tutorial Tatap Muka (TTM) terhadap Mahasiswa dalam Penguasaan Materi Hukum (Mata Kuliah Materi dan Pembelajaran PKN SD)

Sriyono, and Mikdar, Syaeful (2013) Dampak Tutorial Tatap Muka (TTM) terhadap Mahasiswa dalam Penguasaan Materi Hukum (Mata Kuliah Materi dan Pembelajaran PKN SD). Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2013_23.pdf

Download (788kB) | Preview

Abstract

Tutorial Tatap Muka (TTM) adalah salah satu bentuk layanan belajar kepada mahasiswa yang diberikan oleh Universitas Terbuka. Untuk program S-1 PGSD, TTM diselenggarakan satu semester dengan delapan kali pertemuan @ 2 jam untuk mata kuliah yang dianggap perlu untuk ditutorialkan. Salah satu mata kuliah yang ditutorialkan adalah mata kuliah “Materi dan Pembelajaran PKn SD” yang berbobot 3 sks yang terdiri dari 9 modul. Sasaran yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui Dampak TTM terhadap Mahasiswa dalam Penguasaan Materi Hukum. Hal ini penting, karena tingkat kesadaran hukum yang dilandasi wawasan materi hukum perlu ditanamkan sejak dini sejalan dengan upaya pemerintah dalam rangka penegakkan hukum dewasa ini. Sesuai dengan harapan pemerintah untuk mewujudkan Negara hukum yang berwibawa sebagaimana diamanatkan dalam tujuan Undang-Undang Dasar 1945. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental Pretes-Posttest Control Group Design yaitu untuk mengukur efektivitas dari sebuah metode atau model dalam pembelajaran dikomparasi prestasi subyek yang sama antara sebelum dan setelah dikenai perlakuan (treatment) dan di tambah dengan kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan. Lokasi penelitian kelompok belajar yang berada di UPBJJ-UT : Bogor, Serang, Jakarta dan Surakarta. Kelompok Belajar terdiri dari 7 (6 Pokjar treatment, yang mengikuti TTM dan 1 Pokjar/kontrol tanpa mengikuti TTM) di lingkungan Wilayah Pulau Jawa. Penentuan sampel menggunakan probability sampling dengan cara mengundi elemen/anggota populasi mahasiswa, sampel yang ditentukan dengan satuan pokjar mahasiswa S-1 PGSD-FKIP-UT. Data penelitian menunjukkan hasil belajar mahasiswa pada Kelompok Rendah (KR) terdapat peningkatan yang sangat besar antara sebelum dan setelah TTM dalam menguasai materi hukum baik pada aspek kognitif, maupun pada aspek afektif. Sedangkan hasil belajar mahasiswa pada Kelompok Tinggi (KT) terdapat peningkatan walaupun tidak sebesar pada kelompok rendah antara sebelum dan setelah mengikuti TTM baik pada aspek kognitif, maupun pada aspek afektif. Hanya Sebagian kecil TTM tidak terdapat dampak terhadap penguasaan materi hukum terutama pada kelompok tinggi. Persepsi mahasiswa menyatakan bahwa TTM tentang materi hukum disajikan melalui TTM sangat membantu dalam memahami materi modul dan sesuai dengan Buku Materi Pokok. Bahkan tutorial ini sangat bermanfaat. Hasil belajar mahasiswa secara keseluruhan terdapat peningkatan yang berarti antara sebelum dan setelah mengikuti TTM, baik pada aspek kognitif, maupun pada aspek afektif. Model TTM yang disajikan Tutor sangat efektif terhadap mahasiswa dalam penguasaan materi hukum.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2013_23
Uncontrolled Keywords: Metode Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 04 Nov 2016 06:44
Last Modified: 18 May 2020 09:23
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5482

Actions (login required)

View Item View Item