Efektivitas Media Online Dalam Tutorial Online Pembelajaran Bahasa Indonesia (MKDU4110) Mahasiswa Universitas Terbuka Masa Ujian 2013.1

Wasono, Nanang Ebi and Badriyah, Ratu (2013) Efektivitas Media Online Dalam Tutorial Online Pembelajaran Bahasa Indonesia (MKDU4110) Mahasiswa Universitas Terbuka Masa Ujian 2013.1. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2013_31.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Karakteristik UT dalam proses pembelajaran menggunakan belajar mandiri dan salah satu bentuk layanan pembelajaran yang diberikan dalam bentuk tutorial online (tuton). Tujuan dalam penelitian mendeskripsikan mahasiswa yang merespon inisiasi, melakukan diskusi kelompok, dan menjawab tugas-tugas pada setiap pertemuan dengan mengakses melalui media online. Bentuk penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian dengan mendiskripsikan indikator/variabel yang diteliti, sehingga penelitian ini dapat dikatakan penelitian model Kualitatif-Diskriptif. Hasil penganalisisan data mahasiswa yang “aktif” mengikuti tutorial online (tuton) mata kuliah Bahasa Indonesia mahasiswa berjumlah 51 mahasiswa dari 292 mahasiswa peserta tuton mata kuliah Bahasa Indonesia masa ujian 2012.2 dari seluruh UPBJJ-UT di Indonesia yang mengaksen inisiasi, diskusi, dan tugas-tugas yang diberikan tutor dalam bentuk tuton online. Ketentuan dalam perhitungan nilai ujian akhir semester (UAS) untuk mata kuliah yang dilikuti, yaitu 1) kegiatan tuton wajib diikuti seluruh mahasiswa, karena memberikan konstribusi 30% dari nilai ujian akhir semester bagi mahasiswa yang mengikuti secara rutin selama 8 kali pertemuan dan nilai ujian akhir semester mendapat 70%, 2) mahasiswa yang tidak mengikuti tuton, maka untuk perhitungan nilainya mendapat 100% (murni) dari ujian akhir semesternya. Berdasarkan hasil pengolahan data mahasiswa yang “aktif”: 1. Mengakses Inisiasi 51 mahasiswa dengan rincian: a) mengakses inisiasi 8 kali pertemuan 37 orang (72,55%), b) tidak mengakses inisiasi 8 kali pertemuan 14 orang (27,45%). Rincian mahasiswa yang tidak mengakses inisiasi: (1) inisiasi pertemuan ke 6 ada 2 orang (14,28%), (2) inisiasi pertemuan ke 7 ada 3 orang (21,43%), dan (3) inisiasi pertemuan ke 8 ada 9 orang (64,29%). 2. Mengikuti “Diskusi” 51 orang, ada mahasiswa yang “tidak lengkap” (sebanyak 8 kali pertemuan) sebagai berikut: a) mengikuti inisiasi 8 kali pertemuan 9 orang (17,65%), b) “tidak lengkap” mengikuti inisiasi 8 kali pertemuan 42 orang (82,35%), dengan rincian: (1) mengikuti inisiasi 7 kali pertemuan 7 orang (16,67%) dan “tidak lengkap” kurang dari 7 kali pertemuan 37 orang (2,10%), (2) mengikuti inisiasi 6 kali pertemuan 39 orang (92,86%) dan “tidak lengkap” kurang dari 6 kali pertemuan 3 orang (7,14%), dan (3) mengikuti inisiasi 5 kali pertemuan 39 orang (92,86%) dan “tidak lengkap” kurang dari 5 kali pertemuan 3 orang (7,14%). 3. Mengerjakan “Tugas-tugas” dan membuat laporan yang diberikan tutor 51 orang dengan rincian 1) mahasiswa yang mengerjakan tugas I, II, III selama pelaksanaan tutorial online 42 orang (82,35%), 2) mahasiswa yang kurang dalam mengerjakan tugas-tugas selama pelaksanaan tutorial online 9 orang (17,65%). Rincian mahasiswa yang kurang/tidak mengerjakan atau melaporkan hasil diskusi: a) Tugas I berjumlah 5 orang (55,55%), b) Tugas II berjumlah 2 orang (22,22%), dan Tugas III berjumlah 2 orang (22,22%). Data yang ada bahwa kegiatan tutorial online yang mengikuti (aktif) tuton sebanyak 51 orang dengan rincian: a) 17 orang mendapat nilai A (33,33 %), b) 24 orang mendapat nilai B (47,06 %), dan c) 10 orang mendapat nilai C (19,61 %). Peneliti menarik simpulan, bahwa ”Penggunaan Media Online Dalam Tutorial Online Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Ujian 2012.2, sangat ”Efektif dan Berkonstribusi” terhapat nilai akhir mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2013_31
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
400 Language > 499.221 Indonesian/Bahasa Indonesia
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 04 Nov 2016 08:02
Last Modified: 04 Nov 2016 08:02
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5508

Actions (login required)

View Item View Item