Eksperimentasi Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Mahasiswa Pendidikan Dasar (Pendas)

Hartati, Endang Sri (2013) Eksperimentasi Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Mahasiswa Pendidikan Dasar (Pendas). Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2013_34.pdf

Download (548kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui manakah yang lebih baik turorial pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah atau tutorial pembelajaran konvensional. 2) Untuk mengetahui aktivitas belajar yang lebih tinggi mempunyai prestasi belajar yang lebih baik daripada mahasiswa dengan aktivitas belajar yang sedang maupun rendah, serta untuk mengetahui mahasiswa dengan aktivitas belajar sedang mempunyai prestasi belajar yang lebih baik daripada mahasiswa dengan aktivitas belajar yang rendah. 3) Untuk mengetahui mahasiswa yang diberikan tutorial pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah akan mempunyai prestasi belajar yang lebih baik daripada mahasiswa yang diberikan tutorial pembelajaran konvensional pada aktivitas belajar yang tinggi, sedang, dan rendah. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa mata kuliah matematika PGSD POKJAR UT Karanganyar Tahun Akademik 2012/2013. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes untuk memperoleh data tentang prestasi belajar dan angket untuk memperoleh data tentang aktivitas belajar siswa. Sebagai prasyarat penelitian kedua kelompok dalam keadaan seimbang dan uji keseimbangan dengan uji t. Teknik analisis datanya menggunakan analisis variansi dua jalan 2 x 3 dengan sel tak sama. Pengujian prasyarat analisis dilakukan dengan metode Lilleifors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Berdasar hasil analisis disimpulkan bahwa: 1) Model pembelajaran berdasarkan masalah menghasilkan prestasi belajar lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional., 2) Prestasi belajar mahasiswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi lebih baik daripada prestasi belajar mahasiswa yang memiliki aktivitas belajar sedang dan rendah serta prestasi belajar mahasiswa yang memiliki aktivitas belajar sedang lebih baik daripada prestasi belajar mahasiswa yang memiliki aktivitas belajar rendah., 3) Model pembelajaran berdasarkan masalah menghasilkan prestasi belajar lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional pada mahasiswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi, sedang dan rendah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2013_34
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran;
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 04 Nov 2016 08:36
Last Modified: 04 Nov 2016 08:36
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5519

Actions (login required)

View Item View Item