Evaluasi Kualitas Bahan Ajar Mata Kuliah Filsafat Sosial (SOSI4202) Pada Program Studi Sosiologi

Rosa, Tosaini and Prasetyo, Hendrikus Ivoni Bambang and Haryanto, (2013) Evaluasi Kualitas Bahan Ajar Mata Kuliah Filsafat Sosial (SOSI4202) Pada Program Studi Sosiologi. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2013_43.pdf

Download (619kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik sistem pendidikan jarak jauh agar dapat digunakan untuk menganalisis fenomena yang terjadi dalam masyarakat dan dilakukan secara mandiri. Adapaun manfaat yang bisa diambil antara lain: 1. Mengidentifikasi materi BMP Filsafat sosial mana saja baik yang masih dapat dimanfaatkan maupun yang tidak dapat dimanfaatkan, dilihat dari keterbaruan (novelty) dalam bidang keilmuan yang menaunginya. 2. Mengidentifikasi kualitas bahan ajar BMP Filsafat sosial baik dari segi materi maupun disain instruksionalnya. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang dapat digunakan untuk mengetahui seberapa baik kualitas bahan ajar yang berupa buku materi pokok Filsafat Sosial yang sudah digunakan selama ini. Proses penelitian ini direncanakan dilakukan selama dua tahun, dimana tahun pertama difokuskan pada kajian oleh ahli materi dan ahli disain instruksional, yang akan dilakukan melalui diskusi terbuka. Sedangkan tahun kedua dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama melalui FGD oleh sekelompok mahasiswa, sedangkan tahap kedua melalui uji coba lapangan dengan melibatkan seluruh mahasiswa yang sudah mengambil matakuliah ini pada masa registrasi 2013.1 dan 2013.2. Output dari penelitian ini adalah menghasilkan satu bahan ajar yang berkualitas yang memenuhi kriteria program pendidikan jarak jauh.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2013_43
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; Filsafat Sosial; Sosiologi
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 300.1 Philosophy and Theory of Social Science (Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.19 Sociology of Education (Sosiologi Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 04 Nov 2016 09:25
Last Modified: 09 Apr 2020 03:56
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5540

Actions (login required)

View Item View Item