Hubungan Antara Konsep Pemahaman Belajar Mandiri dan kesiapan mengikuti tutorial On Line (Tuton) Dengan Nilai ujian Akhir Semester mahasiswa Universitas Terbukadi UPBJJ-UT Surakarta

Fadloli, Fadloli and Warsito, Bambang (2013) Hubungan Antara Konsep Pemahaman Belajar Mandiri dan kesiapan mengikuti tutorial On Line (Tuton) Dengan Nilai ujian Akhir Semester mahasiswa Universitas Terbukadi UPBJJ-UT Surakarta. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2013_44.pdf

Download (526kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan kesiapan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan tutorialonlinedengan prestasi belajar mahasiswa Universitas Terbukadi UPBJJ-UT Surakarta. 2) Untuk mengetahui hubungan tentangpemahaman konsepbelajar mandiridan kesiapan belajar mahasiswa dalam mengikuti tutorial onlinedengan prestasi belajar mahasiswa Universitas Terbukadi UPBJJ-UT Surakarta dan 3) Untuk mengetahui hubungan konsep pemahaman belajar mandiri kesiapan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan tutorial dan onlinedengan prestasi belajar mahasiswa Universitas Terbukadi UPBJJ-UT Surakarta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang dipakai untukmenggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya, karena pada penelitian ini peneliti tidak melakukan 0ariabl dan manipulasi 0ariable penelitian.Dengan penelitian metode deskriptif, memungkinkan peneliti untuk melakukan hubungan antar 0ariable, menguji hipotesis, mengembangkan generalisasi, dan mengembangkan teori yang memiliki validitas universal. Metode pengumpulan datadalam penelitian ini tentangPemahaman konsep belajar mandiri dan kesiapan mengikutitutorial online digunakan kuesioner yang diberikan dalam bentuk pilihan jawaban. Dalam variabel pemahaman belajarmandiridan kesiapan mengikuti tutorial pendapat responden dituangkan dengan memilih salah satu dari empat jawaban yang tersedia, yaitu : selalu, sering, kadang-kadang dan tidak pernah. Jawaban yang diberikan akan mendapat skor sesuai dengan arah pernyataan. Pernyataan positif dengan bobot sebagai berikut: Selalu = 4, sering= 3, kadang-kadang = 2 dan tidak pernah = 1. Sedangkan untuk data yang berkaitan dengan prestasi belajar diambil dari rekaman data nilaiyang ada di UPBJJ-UT Surakarta.Hasil analisis data dengan taraf signifikansi (α) 5 % diperoleh hasil 1) nilai t sebesar 2,580 dengan signifikansi (p) sebesar 0,014. Nilai p < 0,05 berarti bahwa pengujian signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pemahaman belajar mandiri dengan prestasi belajar mahasiswa.Semakin baik pemahaman belajar mandiri maka semakin baik prestasi belajar. 2)nilai t sebesar 5,533 dengan signifikansi (p) sebesar 0,00. Nilai p < 0,05 berarti bahwa pengujian signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kesiapan mengikuti tutorial dengan prestasi belajar.Semakin baik kesiapan mengikuti tutorial maka semakin baik prestasi belajar. 3)nilai F sebesar 33,817 dengan signifikansi (p) sebesar 0,000. Nilai p < 0,05 berarti bahwa pengujian signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pemahaman belajar mandiri dan kesiapan mengikuti tutorial dengan prestasi belajar mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2013_44
Uncontrolled Keywords: Pemahaman belajar; tutorial online; Belajar mandiri
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 04 Nov 2016 09:30
Last Modified: 04 Nov 2016 09:30
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5543

Actions (login required)

View Item View Item