Evaluasi Pelaksanaan Tutorial Atpem Mahasiswa Program D2 Perpustakaan di Kabupaten Kudus UPBJJ Semarang Masa Reg 2012.2

Paridjo, and Nurmawati, and Indriasih, Aini (2012) Evaluasi Pelaksanaan Tutorial Atpem Mahasiswa Program D2 Perpustakaan di Kabupaten Kudus UPBJJ Semarang Masa Reg 2012.2. Project Report. Universitas Terbuka, Semarang.

[img]
Preview
Text
2012_32.pdf

Download (658kB) | Preview

Abstract

Tutorial Atpem merupakan salah bentuk bantuan belajar untuk memenuhi permintaan mahasiswa dalam mempelajari modul. Khusus program non Pendas mahasiswa menetukan sendiri matakuliah yang akan ditutorialkan. Pelaksanaan tutorial Atpem perlu dievaluasi. Adapun evaluasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah merupakan kegiatan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan tutorial ATPEM khususnya pada Program D 2 Perpustakaan semester IV kabupaten Kudus dalam menunjang keberhasilan belajar mahasiswa. Evaluasi ini mencakup: input (latar belakang pendidikan tutor,kit tutorial,kesiapan mahasiswa); proses (aktivitas tutor dan mahasiswa dalam tutorial); dan poroduk (pencapaian belajar). Penelitian ini bukan untuk menguji hipotesis, sehingga sumber datanya adalah orang-orang yang berhubungan langsung dengan proses tutorial ATPEM. Sebagai populasi adalah semua mahasiswa D2 Perpustakaan Kudus semester IV dan 9 orang tutor. Untuk evaluasi tutorialnya ditetapkan subjek penelitian sebanyak 30 mahasiswa untuk masing-masing tutor pengampu ATPEM. Variabel penelitian ini meliputi semua kegiatan tutorial meliputi: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Sedangkan instrument yang digunakan meliputi: lembar observasi, kuesioner, dan tugas dari tutor. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunaka analisi kualitatif yaitu deskriptif analitik yang bersifat eksplanatorik melalui penyajian tabel, persentase, dan diagram. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini meliputi: 1. Persiapan bahwa jadwal tutorial ATPEM sepenuhnya disusun oleh UPBJJ Semarang yang melibatkan 9 orang tutor dan sesuai jadwal mahasiswa sudah siap mengikuti tutorial; 2. Pelaksanaan: berdasarkan pengisian rubrik indikator variable keaktifan mahasiswa yang terdiri dari 15 indikator diperoleh rata-rata tingkat keaktifan mahasiswa pada masing –masing tutor adalah 25,93% sangat aktif, 47,41% aktif, dan 26,67% sangat aktif. Adapun tingkat kinerja 9 orang tutor berdasarkan lembar observasi yang terdiri dari 15 indikator dan diisi oleh mahasiswa diperoleh hasil rata 3,27 yang berarti masuk kategori setuju. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah: 1. Bahwa persiapan UPBJJ-UT Semarang dalam melaksanakan ATPEM sudah baik , 2. Bahwa latar belakang pendidikan tutor tidak berpengaruh secara signifikan pada keaktifan mahasiswa. Adapun saran yang diajukan dari hasil penelitian ini adalah agar penempatan tutor ATPEM ke depan lebih teliti lagi melihat latar belakang pendidikan tutor agar mahasiswa yang aktif dalam dapat meningkat lagi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2012_32
Uncontrolled Keywords: evaluasi , tutorial Atpem , aktivitas
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2016 02:45
Last Modified: 08 Oct 2018 03:47
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5604

Actions (login required)

View Item View Item