Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar Sebagai Hasil Pembelajaran Metode Praktikum

Sapriati, Amalia and Sekarwinahyu, Mestika (2013) Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar Sebagai Hasil Pembelajaran Metode Praktikum. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2013_57.pdf

Download (533kB) | Preview

Abstract

Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah mengembangkan literasi sains pada siswa sekolah dasar yang diharapkan pada masa dewasanya kelak mereka dapat berkontribusi dalam peningkatan kualitas kesejahteraan sosial dan ekonomi serta kelangsungan kehidupan dan alam sekitar. Target khusus yang diharapkan dicapai adalah Mengembangkan dan mengujicoba prototipe kelengkapan pembelajaran sains untuk metode praktikum yang dapat digunakan dalam pembelajaran sains di SD, (2) Menjelaskan proses pembelajaran sains praktikum di SD dikaitkan dengan literasi sains guru SD, (3) Menjelaskan proses pembelajaran sains praktikum di SD terkait ketersediaan dan pemanfaatan fasilitas oleh guru untuk pembelajaran sains, (4) Menjelaskan proses pembelajaran sains praktikum di SD dikaitkan dengan minat dan kepercayaan diri siswa untuk belajar sains, dan (5) Mendeskripsikan pengaruh proses pembelajaran sains praktikum di SD terhadap literasi sains siswa di SD. Metode kuantitatif dan kualitatif, dengan pendekatan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) digunakan untuk membuat 4 topik bahan pembelajaran praktikum, berupa Petunjuk Praktikum dan Lembar Kegiatan Siswa dan disertai Pedoman Penilaian Praktikum, untuk melatih dan mengembangkan literasi sains pada siswa SD. Ketiga kelengkapan pembelajaran praktikum ini dibuat oleh peneliti dan divalidasi bersama-sama dengan guru SD. Selanjutnya, kelengkapan pembelajaran tersebut diujicobakan dan diterapkan di kelas. Variabel penelitian ini adalah pembelajaran sains metode praktikum dan literasi sains dan pelaksanaan penelitian dilakukan di kelas 4 dan kelas 5 SD di wilayah Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Sumber data/informasi terdiri atas guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, angket, pedoman wawancara, dan tes. Secara umum, data dan informasi dianalisis secara deskriptif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2013_57
Uncontrolled Keywords: Sains; Praktikum
Subjects: 200 Religion > 210-219 Philosophy and Theory of Religion (Filsafat dan Teori Agama) > 215 Science and Religion (Sains, Ilmu Pengetahuan dan Agama)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2016 02:54
Last Modified: 07 Nov 2016 02:54
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5608

Actions (login required)

View Item View Item