Eksperimentasi Pembelajaran Tutorial dengan Pendekatan Kontekstual Ditinjau dari Kreativitas Mahasiswa Program Pendidikan Dasar (Pendas)

Hartati, Endang Sri and Ngatmanto, Edy (2012) Eksperimentasi Pembelajaran Tutorial dengan Pendekatan Kontekstual Ditinjau dari Kreativitas Mahasiswa Program Pendidikan Dasar (Pendas). Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2012_39.pdf

Download (736kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Manakah di antara pendekatan pembelajaran dalam tutorial yang dapat menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik, pendekatan pembelajaran kontekstual atau pembelajaran mekanistik. (2) Manakah diantara kategori kreativitas mahasiswa yang dapat memberikan prestasibelajar matematika lebih baik, kreativitas tinggi, kreativitas sedang atau kreativitas rendah. (3) Pada masing-masing pembelajaran tutorial dengan pendekatan kontekstual dan pendekatan mekanistik, manakah di antara kategori kreativitas mahasiswa yang dapat memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, kreativitas tinggi, kreativitas sedang atau kreativitas rendah. (4) Pada masing-masing kategori kreativitas mahasiswa, manakah di antara pembelajaran tutorial yang dapat memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, pembelajaran tutorial dengan pendekatan kontekstual atau dengan pendekatan mekanistik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain factorial . Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program pendidikan dasar Universitas Terbuka Kota Surakarta semester gasal Tahun Pelajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan stratified cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang terdiri dari kelompok eksperimen 1 (pembelajaran tutorial dengan pendekatan kontekstual) sebanyak 50 mahasiswa dan kelompok eksperimen 2 (pembelajaran tutorial dengan pendekatan mekanistik) sebanyak 50 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah instrument tes prestasi belajar matematika yang terdiridari 20 butir soal tes dan instrument angket kreativitas siswa yang terdiri dari 36 butir angket. Sebelum digunakan untuk pengambilan data, instrument tes dan instrument angket di ujicobakan terlebih dahulu.Penilaian validitasisi instrument tes danangket dilakukan oleh validator, reliabilitas tes diuji dengan rumus KR-20 dan reliabilitas angket diuji dengan rumus Alpha.Uji prasyarat analisis menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas, uji Barlett untuk uji homogenitas, dan uji untuk uji keseimbangan.Teknik analisis data menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama, dengan taraf signifikansi 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Pembelajaran tutorial dengan pendekatan kontekstual menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama dengan pembelajaran tutorial dengan pendekatan mekanistik. (2) Prestasi belajar matematika mahasiswa dengan kreativitas tinggi sama baiknya disbanding dengan prestasi mahasiswa dengan kreativitas sedang, prestasi belajar matematika mahasiswa dengan kreativitas tinggi lebih baik disbanding dengan prestasi mahasiswa dengan kreativitas rendah, dan prestasi belajar matematika mahasiswa dengan kreativitas sedang sama baiknya disbanding dengan mahasiswa dengan kreativitas rendah. (3) Pada pembelajaran tutorial dengan pendekatan CTL, mahasiswa yang mempunyai kreativitas tinggi lebih baik prestasi belajarnya dari mahasiswa yang mempunyai kreativitas sedang, mahasiswa yang mempunyai kreativitas tinggi mempunyai prestasi belajar yang sama dengan mahasiswa yang mempunyai kreativitas rendah, dan mahasiswa yang mempunyai kreativitas sedang mempunyai prestasi belajar yang sama dengan mahasiswa yang mempunyai kreativitas rendah. Sedangkan pada pembelajaran tutorial dengan pendekatan mekanistik, mahasiswa yang mempunyai kreativitas tinggi mempunyai prestasi belajar yang sama dengan mahasiswa yang mempunyai kreativitas sedang.(4) Pada kategori tingkat kreativitas tinggi, sedang, dan rendah, mahasiswa yang diberi pembelajaran tutorial dengan pendekatan CTL samabaiknya dengan prestasi belajar mahasiswa yang diberi pembelajaran tutorial dengan pendekatan mekanistik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2012_39
Uncontrolled Keywords: Kontekstual, Mekanistik, Kreativitas, Prestasi Belajar Matematika
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2016 03:19
Last Modified: 27 Feb 2019 09:26
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5622

Actions (login required)

View Item View Item