Rachmi, Tetty (2013) Pemanfaatan Angklung Untuk Pengembangan Bahan Pembelajaran Tematik Jenjang Sekolah Dasar Berbasis Komputer. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.
|
Text
2013_71.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian tahun jamak ini bertujuan untuk menghasilkan prototipe bahan ajar berbasis komputer (CAI) yang menyajikan pembelajaran tematik terpadu yang memanfaatkan angklung sebagai media. Lebih jauh ingin diketahui kelebihan dan kelemahan CAI sebagai bahan ajar suplemen bagi mahasiswa S1 PGSD UT dan kebermanfaatan angklung dalam pembelajaran tematik di SD. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi masukan untuk pengembangan bahan pem-belajaran jarak jauh bidang pendidikan seni, membantu implementasi Kurikulum 2013, dan mempercepat proses pembudayaan angklung melalui pendidikan. Artikel ini membahas ca-paian tahun pertama dari penelitian. Pengembangan program CAI dilakukan melalui penelitian Research and Development model Four-D dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dan evaluasi formatif. Pengumpulan dan analisis data dilakukan di setiap tahap melalui riset doku-men/penelitian terkait, penyebaran angket, wawancara kepada pakar/narasumber dan maha-siswa partisipan ujicoba produk. Pengolahan data kuantitatif dilakukan dengan metode deskriptif. Tahun pertama dihasilkan sejumlah data yang diperlukan dalam menyusun naskah CAI dan sebuah naskah siap produksi.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 2013_71 |
Uncontrolled Keywords: | Alat Musik; Pembelajaran |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 700 The Art, Fine and Sport > 780-789 Music (Seni Musik) > 781.57 Music for Specific Activities (Musik untuk Aktivitas Tertentu) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 07 Nov 2016 06:28 |
Last Modified: | 07 Nov 2016 06:28 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5681 |
Actions (login required)
View Item |