Adji, Sandra Sukmaning and Rahayu, Ucu and Sapriati, Amalia (2013) Model Pengembangan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Tinggi Jarak Jauh Melalui Pemanfaatan Open Educational Resources (Pengembangan Prototipe Pembelajaran Kimia Dan Biologi Pada Tutorial Online). Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.
|
Text
2013_78.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (818kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang dilakukan selama sembilan bulan melalui tiga tahap. Tahap pertama mengembangkan Rancangan Aktivitas Tutorial, dan Satuan Acara Tutorial. Tahap kedua mengembangkan prototype model tutorial online berupa pengembangan materi inisiasi dan tugas. Tahap ketiga uji coba pada pelaksanaan tutorial online dengan memanfaatkan OER. Tutorial dilakukan pada matakuliah Kimia Lingkungan dan KSDAL. Data diperoleh berdasarkan hasil belajar mahasiswa pada penyelesaian tugas dan aktivitas diskusi. Hasil belajar mahasiswa didasarkan pada ketercapaian kompetensi. dengan mengacu pada indikator kemampuan berfikir tingkat tinggi dari Bloom’s taxonomy yaitu kemampuan menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasikan. Persepsi mahasiswa tentang kegiatan tutorial online didasarkan pada penilaian mahasiswa terhadap pelaksanaan tutorial online yang diperoleh melalui pengisian angket. Indikator yang digunakan pada angket yang dibagiakn kepada mahasiswa adalah akses ke artikel melalui open educational resources, kemudahan dan kemampuan dalam menganalisis bacaan, kemampuan melakukan interaksi secara online, kemampuan berkolaborasi dalam membangun diskusi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa model pengembangan berpikir kritis mahasiswa pendidikan tinggi jarak jauh melalui pemanfaatan open educational resources dapat dilakukan melalui kegiatan tutorial online. Pengembangan model dimulai dengan membuat RAT dan SAT yang memuat OER yang dapat dirujuk dan arahan untuk menggunakan OER bagi mahasiswa. Pada kegiatan tuton mahasiswa telah memanfaatkan OER yang ditunjukkan dengan jawaban tugas tuton mahasiswa serta diskusi mahasiswa yang menggunakan OER sebagai salah satu bahan tambahan informasi/sumber rujukan. Kemampuan berfikir kritis mahasiswa dapat ditunjukkan berdasarkan hasil belajar mahasiswa dalam membangun diskusi mahasiswa dan menjawab soal-soal dalam tugas tuton. Persepsi mahasiswa dalam mengerjakan tuton direspon berbeda oleh mahasiswa. Pada matakuliah Kimia Lingkungan dari 100 % mahasiswa yang merespon, 33,33% mahasiswa menyatakan sebaiknya tugas yang diberikan dirujuk dari sumber utama saja (modul/BMP Kimia Lingkungan), sementara ada 55,55 % mahasiswa menginginkan adanya gabungan antara modul / BMP dan OER, selanjutnya 11,11% mahasiswa memilih hanya menggunakan OER. Untuk matakuliah KSDAL dari masing-masing 100 % mahasiswa ada 77 % mahasiswa setuju menggunakan internet, 69% mahasiswa setuju menggunakan BMP/modul, 54 % mahasiswa setuju menggunakan buku lain, 15% mahasiswa setuju menggunkan TV, dan 15% mahasiswa setuju menggunakan surat kabar.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 2013_78 |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 07 Nov 2016 07:02 |
Last Modified: | 09 Jun 2020 04:17 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5700 |
Actions (login required)
View Item |