Pengembangan Model Pembelajaran Reflektif dalam Matakuliah Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa S1 PGSD UPBJJUT Surabaya

Sulistiyono, and Surasmi, Wuwuh Asrining (2014) Pengembangan Model Pembelajaran Reflektif dalam Matakuliah Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa S1 PGSD UPBJJUT Surabaya. Project Report. Universitas Terbuka, Surabaya.

[img]
Preview
Text
2014_245.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan adanya tuntutan masyarakat dan perkembangan ipteks abad 21, yang menuntut guru SD harus profesional, kompeten, dan senantiasa belajar. Selain itu persyaratan kualifikasi akademis pendidikan guru SD minimum D-4 atau S-l, sehingga perlu memiliki kemampuan akademik yang memadai.Untuk menghasilkan guru yang mampu mengantisipasi tuntutan abad 21, maka melalui program Sl-PGSD perlu dikembangkan dan dilaksanakan pembelajaran yang dapat membekali mahasiswanya dengan kemampuan untuk melaksanakan tugas mengajar di SD dengan baik dan profesional. Pembelajaran dengan model reflektif diasumsikan mampu membekali mahasiswa Sl-PGSD agar dapat mengajar di SD menjadi lebih baik dan bermutu. Tujuan utama penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan model pembelajaran reflektif dalam kegiatan tutorial matakuliah penulisan karya ilmiah mahasiswa S1 PGSD-UT. Tujuan khusus penelitian ini meliputi target yang akan dicapai, sebagai berikut. Pertama, memperoleh data kondisi pembelajaran/tutorial matakuliah Penulisan Karya Ilmiah pada mahasiswa S-1 PGSD Pokjar Kabupaten Tuban. Kedua, tersusunnya model pembelajaran reflektif dalam kegiatan tutorial untuk meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa S-1 PGSD pokjar Kabupaten Tuban. Model pembelajaran tersebut disusun dan dijabarkan dalam bentuk panduan tutor dan perangkat tutorial, yang terdiri atas RAT, SAT, dan RE. Ketiga, tersusunnya model skenario kegiatan pembelajaran reflektif dalam kegiatan tutorial untuk meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa S-1 PGSD pokjar Kabupaten Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan. Model pengembangan perangkat yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D, yang diadaptasi dari Thiagarajan, vi Semmel dan Semmel, dan terdiri dari tahap Define, Design, Develop dan Desseminate (model 4-D). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, kuesioner, serta dokumentasi. Sesuai karakteristik data, ada yang dianalisis secara deskriptif kualitatif, dan ada juga yang dianalisis secara kuantitatif. Model pembelajaran yang dikembangkan berupa desain model pembelajaran reflektif yang terdiri atas komponen tujuan pembelajaran (meningkatkan kemampuan berpikir dan sikap reflektif mahasiswa), materi (pokok bahasan sesuai silabus dan pengalaman mahasiswa mengajar di SD), prosedur pembelajaran meliputi (1) tahap penyajian konsep dasar atau teori penyusunan karya ilmiah, (2) penyusunan karya ilmiah (baik hasil kajian maupun hasil penelitian), (3) reflektif teknikal penulisan karya ilmiah, dan (4) pemantapan dan penilaian Melalui langkah-langkah penelitian pengembangan, hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, bahwa secara umum rancangan pembelajaran/tutorial yang mencakup RAT, SAT, RE yang dibuat tutor cenderung tidak sesuai dan kurang menggambarkan secara detil langkah-langkah kegiatan untuk pencapaian indikator yang ditetapkan. Perancangan pembelajaran/tutorial pun cenderung lepas dari konteks substansi strategi tutorial dan materi penulisan karya ilmiah. Proses pembelajaran/tutorial yang diharapkan tidak dijalankan tidak tersstruktur secara jelas. Skemata mahasiswa tentang kemampuan menulis yang didapat dari Matakuliah Keterampilan Menulis tidak dijadikan dasar dalam penyajian tutorial yang dirancang. Tutor juga kurang membiasakan mahasiswa menggunakan peta permasalahan dalam mengidentifikasikan masalah. Kedua, pengembangan produk model pembelajaran/tutorial refleksi penulisan karya ilmiah mahasiswa S1 PGSD pokjar Tuban memberikan penciptaan kondisi pembelajaran/tutorial yang menarik, menantang, dan membiasakan mahasiswa berpikir dan bersikap reflektif. Ketiga, prosedur atau skenario pembelajaran/tutorialnya disesuaikan dengan perancangan tutorial yang mencakup RAT, SAT, dan RE. Skenario model tutorial reflektif dapat diaplikasikan secara optimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_245
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran reflektif
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2016 07:32
Last Modified: 31 Jul 2019 02:16
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5714

Actions (login required)

View Item View Item