Safitri, Heni and Herawati, and Arkundato, Artoto and Sudarko, (2014) Desain Inovatif Model Belajar Mengajar Fisika Berbasis Metode Dinamika Molekul untuk Menjelaskan Proses-Proses Fisika Mikroskopik. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.
|
Text
2014_50.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Proses-proses fisika fundamental mikroskopis yang melibatkan interaksi atom-atomsulit sekali diamati dengan mata telanjang. Hal ini karena perangkat pengamatan yang memadai belum ada atau sulit untuk dibuat dan tidak murah. Oleh karena itu pada umumnya pengajaran fisika terutama di SMA untuk proses-proses yang melibatkan atom-atom (abstrak) belum mampu dilakukan di laboratorium sekolah. Hal ini berpotensi gambaran proses mikro fisika yang diajarkan kurang difahami dan dimengerti siswa. Metode dinamika molekul merupakan salah satu metode komputasi dalam fisika yang popular untuk mensimulasikan gerak partikel, atom, molekul sampai untuk obyek berukuran besar seperti planet dalam galaksi. Dengan metode dinamika molekul gerak atom-atom suatu cairan dapat diprediksi dengan baik bahkan dapat divisualisikan dengan sangat menarik dan informatif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang model pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran fisika khususnya mengenai konsep fisika misalkan perubahan wujud zat dengan besaran fisis titik leleh (melting point), yang merupakan informasi sangat penting dari fenomena tersebut. Kelebihan dari model pembelajaran ini adalah siswa dapat lebih memahami gambaran mikroskopik seperti struktur bahan selama proses perubahan wujud zat, pergerakan atom-atom selama proses pelelehan dapat dianalisis dan diperagakan secara visual. Dengan model pembelajaran yang interaktif dan inovatif ini maka diyakini akan memberi dampak meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam memahani salah satu konsep fisika tersebut dengan lebih baik. Penerapan metode dinamika molekuler di tingkat SMA sepengetahuan penulis belum banyak (pernah) dilakukan. Dengan memperkenalkan lebih dini salah satu metode komputasi ini, maka sekaligus juga akan menumbuhkan daya kreasi siswa SMA untuk mempelajari dan mengembangkan metode-metode fisika komputasi yang lain pada problem-problem fisika lain.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 2014_50.pdf |
Uncontrolled Keywords: | desain inovatif pembelajaran fisika, metode dinamika molekul, fisika mikroskopik |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 07 Nov 2016 07:42 |
Last Modified: | 04 Oct 2018 03:15 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5717 |
Actions (login required)
View Item |