Pengembangan Model Tutorial Berbasis Problem Solving dalam Pembelajaran IPA Di SD Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Kemampuan Berpikir Analitis Mahasiswa S1 PGSD

Zainullah, Achmad (2014) Pengembangan Model Tutorial Berbasis Problem Solving dalam Pembelajaran IPA Di SD Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Kemampuan Berpikir Analitis Mahasiswa S1 PGSD. Project Report. Universitas Terbuka, Surabaya.

[img]
Preview
Text
2014_248.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Prinsip tutorial menghendaki kemandirian mahasiswa, tutor memilih model yang dapat menjembatani hal tersebut dalam melaksanakan tutorial. Keterampilan memecahkan masalah akan sangat baik jika dilatihkan kepada mahasiswa dengan pendekatan kelompok mahasiswa dapat saling memberikan sumbang saran untuk memahami dan menerapkan model-model pemecahan masalah yang sedang dipelajari dan mengaplikasikannya dalam berbagai macam matakuliah yang ditutorialkan. Peneliti mencoba untuk mengembangkan model pembelajaran Problem Solving ini dirasa cukup tepat untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis dan kognitif mahasiswa, diharapkan mahasiswa akan terbiasa berpikir analitis, logis, dan sistematis. Penelitian dilakukan dengan Four D Models dari Thiagarajan. Define dilakukan dengan analisis kurikulum, analisis materi, analisis mahasiswa, analisis tugas. Design awal dilakukan pada RAT, SAT, RTT dan instrument. Developed dilakukan dengan validasi pakar. Dessiminate dilakukan dengan pelaksanaan secara terbatas di kelas tutorial S1 PGSD UT Pokjar Madiun. Hasil penelitian yang diperoleh adalah perangkat pembelajaran Materi dan Pembelajaran IPA di SD berbasis problem solving dalam kegiatan tutorial tatap muka yang dikembangkan memenuhi kriteria validitas dengan memperhatikan indicator yang ditetapkan dan penilaian pakar yang berkategori atara baik dan sangat baik sehingga layak dipakai. Hasil pengembangan model tutorial untuk matakuliah Materi dan Pembelajaran IPA di SD yang memperhatikan kondisi mahasiswa melalui perangkat pembelajaran berbasis problem solving dalam kegiatan tutorial tatap muka keefektifan karena pencapaian nilai rata-rata kelas diatas 70 yaitu 87,5% pada TT1, 93,75% pada TT2 dan 100% pada TT3. Tingkat keterlaksanaan tutorial problem solving berkategori tinggi (baik-sangat baik) sehingga tercapai dari sisi kepraktisan. Keberhasilan belajar mahasiswa untuk matakuliah Materi dan Pembelajaran IPA di SD dengan penerapan model tutorial berbasis problem solving dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan kemampuan berfikir analitis program S-1 PGSD di Kabupaten Madiun pada TT1 bernilai rata-rata 80, TT2 bernilai rata-rata 85 dan pada TT 3 bernilai rata-rata 92.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_248
Uncontrolled Keywords: tutorial berbasis problem solving, kemampuan kognitif, kemampuan berfikir analitis
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2016 07:45
Last Modified: 07 Nov 2016 07:45
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5720

Actions (login required)

View Item View Item