Kajian BMP Strategi Pembelajaran Matematika (PEMA4301) Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UT

Yumiati, and Widagdo, Djamus (2010) Kajian BMP Strategi Pembelajaran Matematika (PEMA4301) Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UT. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2010_27.pdf

Download (480kB) | Preview

Abstract

Buku Materi Pokok (BMP) Strategi Pembelajaran Matematika (SPM) merupakan BMP untuk menunjang perkuliahan SPM. Mata kuliah tersebut termasuk mata kuliah inti pada Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UT. Mata kuliah SPM memuat kompetensi pengelolaan pembelajaran matematika yang sangat diperlukan bagi mahasiswa (guru) dalam melaksanakan tugas profesinya sebagai guru kelas yang mengajarkan mata pelajaran matematika. Kedudukan yang strategis dari mata kuliah SPM menuntut perlunya dilakukan perbaikan BMP tersebut melalui kegiatan penelitian yang mengkaji materi BMP ditinjau dari aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, keterbacaan, dan tampilan fisik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah penulis modul, penelaah modul, ahli pembelajaran matematika, desain instruksional, ahli bahasa, dan mahasiswa S1 Pendidikan Matematika FKIP-UT di seluruh UPBJJ yang pernah menempuh mata kuliah SPM pada masa registrasi 2008.2, 2009.1, dan 2009.2. Hasil analisis data kualitatif diperoleh kesimpulan sebagai berikut. 1. Pengembangan bahan ajar PTJJ harus memperhatikan hal-hal: 1) dapat memotivasi siswa untuk belajar; 2) mahasiswa dapat memahami materi bahan ajar secara mandiri; 3) diawali dengan konsep yang telah dikenal mahasiswa; 4) mahasiswa dapat menilai sendiri kemampuannya menguasai materi; 5) mudah dipahami mahasiswa melalui penggunaan kalimat yang efektif; dan 6) penyajian yang menarik dengan dilengkapi ilustrasi tabel dan gambar. 2. Bahan ajar utama bagi mahasiswa UT disebut Buku Materi Pokok (BMP), yang memiliki struktur: 1) Tinjauan Mata Kuliah; 2) Pendahuluan; 3) Kegiatan Belajar; 4) Kunci Jawaban Tes Formatif; 5) Glosarium; dan 6) Daftar Pustaka. 3. Mahasiswa memberikan skor rata-rata untuk kelayakan materi, desain instruksional, dan bahasa dari seluruh modul berkisar 2,4 – 2,7 lebih kecil dibandingkan skor yang diberikan oleh ahli materi, ahli desain instruksional, maupun ahli bahasa, rata-rata di atas 3. Hasil ini menunjukkan bahwa mahasiswa masih mengalami kesulitan untuk memahami modul, baik dari segi materi, bahasa, maupun penyajian modul. 4. Menurut ahli materi, BMP tersebut masih bagus untuk digunakan, muatan materinya sudah sesuai untuk tingkat sarjana. Pembagian modul generik dan spesifik disarankan untuk ditinjau kembali, karena terdapat materi yang over lap. Menurut mahasiswa materi BMP SPM dapat menambah wawasan mahasiswa untuk diterapkan di kelas, namun perlu disesuaikan dengan kurikulum baru. 5. Ditinjau dari aspek penyajian, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki untuk kesempurnaan modul, misalnya penambahan sajian tentang contoh penerapan konsep. 6. BMP SPM ditinjau dari aspek bahasa dan keterbacaan perlu disempurnakan dengan memperhatikan penggunaan kalimat yang efektif. 7. Secara keseluruhan BMP SPM perlu direvisi sedang dari segi isi, penyajian, maupun bahasa, keterbacaan, dan tampilan fisik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2010_27.pdf
Uncontrolled Keywords: Kelayakan isi, penyajian, bahasa, keterbacaan, dan tampilan fisik, BMP Strategi Pembelajaran Matematika.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2016 08:04
Last Modified: 07 Nov 2016 08:04
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5733

Actions (login required)

View Item View Item