Pengembangan Perangkat Pembelajaran Keterampilan Partisipasi Sosial dapat Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPS Pokjar Parigi di Lingkungan Binaan UPBJJ UT Palu

Mudjanad, and Satya, Wira Indra and Nuraedah, (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Keterampilan Partisipasi Sosial dapat Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPS Pokjar Parigi di Lingkungan Binaan UPBJJ UT Palu. Project Report. Universitas Terbuka, Palu.

[img]
Preview
Text
2014_254.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan tujuan untuk mengetahui bahwa Perangkat Pembelajaran Konsep Dasar IPSdi SD yang menerapkan model Partisipasi Sosial dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Pokjar Parigi UPBJJ-UT Palu.Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksidengan mengacu kepada model Partisipasi Sosial yakni (1) Identifikasi Masalah Pembelajaran, (2)Analisis Mahasiswa: pada tahap ini dilakukan analisis ciri kemampuan, pengalaman individu maupun kelompok mahasiswa. Hasil uji coba dijadikan dasar untuk menemukan sejauhmana keberhasilan pencapaian hasil belajar mahasiswa Pokjar Parigi dalam Pembelajaran Konsep Dasar IPS. Draf akhiryang diperoleh tersebut diimplementasikan pada pembelajaran Konsep Dasar IPS untuk memperoleh peningkatan hasil belajar. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I ketuntasan belajar klasikal 52,63% dan daya serap klasikal 62,37%. Pada siklus II meningkat menjadi 84,21%, dan daya serap klasikal 78,42%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Partisipasi Sosial dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Pokjar Parigi UPBJJ-UT Palu.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_254
Uncontrolled Keywords: Model Partisipasi Sosial, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 08 Nov 2016 01:19
Last Modified: 18 Feb 2019 09:15
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5751

Actions (login required)

View Item View Item