Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Terpadu Model Webbed di Kelas IV Sd Dukuhwringin 02 Kabupaten Tegal dalam Pelaksanaan Kurikulum Tahun 2013

Indriasih, Aini and Triyoto, and Waji, Sholikhul (2013) Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Terpadu Model Webbed di Kelas IV Sd Dukuhwringin 02 Kabupaten Tegal dalam Pelaksanaan Kurikulum Tahun 2013. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2013_82.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penerapan pendidikan karakter berbasis pembelajaran terpadu model Webb A merupakan salah satu inovasi pembelajaran di sekolah dasar dalam menerapkan kurikulum 2013, dimana pelaksanaan pembelajaran berpusat pada peserta didik. Pendekatan pembelajaran ini menekankan pada kegiatan pembelajaran yang dikaitkan dengan situasi nyata, sehingga memberi wawasan berpikir yang kontekstual kepada peserta didik. Pendekatan ini memungkinkan peserta didik mempelajari berbagai konsep mata pelajaran serta mengembangkan karakter positif. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang menggunakan model one group pre test postest design dengan menerapkan pendidikan karakter yang berbasis pembelajaran terpadu model webb. Subjek penelitiannya adalah 29 siswa kelas IV SD 02 Dukuhwringin kecamatan Slawi, kabupaten Tegal Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan skor karakter tanggung jawab sebesar 84% dengan predikat sangat bagus. Sedangkan karakter kepedulian diperoleh skor nilai sebesar 81% dengan predikat bagus. Ketuntasan belajar diperoleh nilai sebesar 88,03. Berdasarkan perhitungan Anova didapatkan nilai sig (=0,000) < α (=0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa tanggung jawab siswa dalam pembelajaran mempunyai hubungan linier terhadap hasil belajar siswa. Besar skor karakter tanggung jawab dengan pererolehan nilai R² ( R square) = 0,648 atau 64,8% yang diartikan bahwa karakter tanggung jawab mempengaruhi hasil belajar sebesar 64,8%. Hasil ini menunjukkan bahwa masih ada pengaruh variabel lain sebesar 35,2%. Demikian juga karakter kepedulian dengan perolehan nilai sig (=0,000) < α (=0,05), sehingga disimpulkan karakter kepedulian siswa berpengaruh terhadap hasil belajar. Dari nilai R² (R square) = 0,616 atau = 61,6% dapat diartikan bahwa karakter kepedulian mempengaruhi hasil belajar sebesar 61,6%, dan masih ada pengaruh variabel lain sebesar 38,4%. Uji beda sebelum dan sesudah perlakuan, didapatlah nilai t = 12,2, Sig untuk uji t terlihat sama dengan 0,000 = 0% < 5% berarti memiliki perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diadakan perlakuan

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2013_82
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Pembelajaran Terpadu Model Webb; Kurikulum 2013
Subjects: 000 Generalities > 000-009 Knowledge - Special Computer Methods (Ilmu Umum dan Komputer)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375 Curricula (Kurikulum)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 08 Nov 2016 01:27
Last Modified: 08 Oct 2018 03:42
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5756

Actions (login required)

View Item View Item