Pengaruh Pembelajaran Dengan Metode Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Self Concept Siswa SMK

Surtati, (2013) Pengaruh Pembelajaran Dengan Metode Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Self Concept Siswa SMK. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41408.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep program tinier di SMK N 3 Bogor ditandai dengan rendahnya hasil belajar pada pokok bahasan program tinier yang diperoleh siswa. Hal ini menuntut adanya perbaikan metode pembelajaran yang digunakan dengan harapan adanya peningkatan hasil belajar program tinier yang signifikan di masa yang akan datang. Karenanya peneliti tertarik untuk meneliti penggunaan metode reciprocal teaching dalam pembelajaran program tinier di SMK N 3 Bogor. Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh penggunaan metode reciprocal teaching terhadap hasil belajar program tinier siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini di1akukan pada semester II di SMK N 3 Bogor tahun pe1ajaran 2012/2013 menggunakan metode quasi eksperimen. Popu1asinya siswa kelas X SMKN 3 Bogor. Sampel penelitian kelas X BB 1 (kelas eksperimen) dan kelas X BB2 (ke1as kontro1). Kelas eksperimen menggunakan metode reciprocal teaching, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Sebe1um instrument digunakan terlebih dahu1u , terlebih dahulu dilakukan analisis validitas dan reliabilitas instrumen. Selanjutnya hipotesis pertama, kedua, dan ketiga diuji dengan menggunakan uji t dengan memanfaatkan program SPSS. Hipotesis keempat diuji dengan menggunakan uji ANAVA. Dari analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji t terhadap Kemampuan representatis matematis siswa, diperoleh nilai t hitung sebesar 0,005 yang berarti 1ebih kecil daripada taraf signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan hipotesis no1 dito1ak. Hasil pene1itiannya: (1) Kemampuan representatis matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran reciprocal teaching lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembe1ajaran konvensional. (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode reciprocal teaching dan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional hila ditinjau dari pengetahuan awal matematis siswa (3) Terdapat interaksi antara pembelajaran (reciprocal teaching dan konvensional) dan pengetahuan awal siswa (atas, tengah, bawah) terhadap peningkatan kemampuan representatis matematis siswa ( 4) Self concept matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran reciprocal teaching lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41408.pdf
Uncontrolled Keywords: reciprocal learning method, mathematical representative ability,self concept, Pembelajaran model reciprocal teaching, kemampuan representasi maternatis
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 02 Aug 2016 02:42
Last Modified: 02 Aug 2016 02:42
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/577

Actions (login required)

View Item View Item