Efektivitas Model Pembelajaran Huitt dengan Media Question Card dan Model Pembelajaran PQ4R dengan Media Flip Boox Maker Terhadap Hasil Belajar Logika Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Semarang

Kadarwati, Sri and Suparman, and Nurmawati, (2014) Efektivitas Model Pembelajaran Huitt dengan Media Question Card dan Model Pembelajaran PQ4R dengan Media Flip Boox Maker Terhadap Hasil Belajar Logika Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Semarang. Project Report. Universitas Terbuka, Semarang.

[img]
Preview
Text
2014_60.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang sering dianggap sulit oleh siswa dari tingkat SD, SMP,sampai di tingkat SMA, hal ini dikarenakan Matematika itu berkaitan dengan hal-hal yang abstrak. Oleh karena itu guru Matematika dalam pembelajaran diharapkan mempunyai penguasaan yang bagus, dapat memilih strategi pembelajaran yang tepat, serta menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan siswa dapat lebih aktif dalam pembelajaran. Dengan memperhatikan semua itu akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kenyataan menunjukkan bahwa pembelajaran matematika pada materi Logika kelas X di SMA Negeri I Semarang guru masih mendominasi pembelajaran, siswa terlihat pasif dan hanya menerima pengetahuan yang diberikan oleh guru. Selain itu guru tidak menggunakan media pembelajaran, belum menggunakan strategi dan metode yang dapat mengaktifkan siswa sehingga pemahaman siswa terhadap materi masih rendah. Dalam rangka mengatasi kepasifan serta rendahnya pemahaman siswa terhadap materi Logika kelas X dipilihlah model pembelajaran Huitt dengan media Question Card dan model pembelajaran PQ4R dengan media Flip Book Maker. Melalui dua model pempelajaran ini akan dilihat keektifan siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen dengan menggunakan dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 8 kelas, dan selanjutnya dipilih secara acak tiga kelas. Satu kelas sebagai kelas eksperimen I yang menerapkan model pembelajaran Huitt dengan media Question Card, satu kelas lagi sebagai kelas eksperimen II yang menerapkan model pembelajaran PQ4R dengan media Flip Book Maker, serta satu kelas lain sisanya sebagai kelas kontrol. Pengolahan data menggunakan statistic (uji normalitas, uji homoginitas, dan uji ANOVA). Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) melihat ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mendapat model pembelajaran Huitt dengan media Question Card, model pembelajaran PQ4R dengan media Flip Book Maker, dan model pembelajaran Ekospositori , 2) melihat keefektifan model pembelajaran Huitt dengan media Question Card, model pembelajaran PQ4R dengan media Flip Book Maker, dan model pembelajaran Ekospositori pada sub pokok bahasan Logika Matematika tahun pelajaran 2014/2015. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang mendapat model pembelajaran Huitt dengan media Question Card, model pembelajaran PQ4R dengan media Flip Book Maker, dan model pembelajaran Ekospositori , pembelajaran lebih efektif serta ada perbedaan dalam hasil belajar siswa pada Logika Matematika tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_60
Uncontrolled Keywords: pembelajaran Huitt, PQ4R, Question Card, Flip Book Maker.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 08 Nov 2016 03:32
Last Modified: 24 Oct 2018 06:38
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5807

Actions (login required)

View Item View Item