Pengembangan Bahan Ajar Untuk Pendidikan Anak-anak Cerdas Berbakat (Gifted Children) di Indonesia

Said, Asnah and Dimyati, Surachman (2014) Pengembangan Bahan Ajar Untuk Pendidikan Anak-anak Cerdas Berbakat (Gifted Children) di Indonesia. Project Report. Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
2014_264.pdf

Download (934kB) | Preview

Abstract

Pendidikan anak-anak cerdas berbakat (gifted) termasuk hal baru yang secara sistemik kelembagaan belum dilaksanakan secara penuh di Indonesia. Program akselerasi yang ada sebenarnya adalah program yang mendekati fasilitasi pendidikan anak gifted. Penelitian ini adalah penelitian yang prosesnya berupa penulisan bahan ajar pendidikan anak-anak cerdas berbakat (gifted) di Indonesia. Penelitian ini dirancang selama 3 tahun, dengan produk berupa 4 bahan ajar pendidikan tinggi jarak jauh meliputi,1) dasar-dasar pendidikan anak-anak cerdas berbakat, 2) model program pendidikan anak-anak cerdas berbakat, 3)pengeloaan kelas untuk anak-anak cerdas berbakat, dan 4) program akselerasi untuk anak-anak cerdas berbakat. (Karena pertimbangan dana penngembangannya hanya sampai no. 3) Proyek ini akan menggunakan model ADDIE ; Analysis, Design, Development, Implementation, and evaluation. Sedangkan dalam penulisan bahan ajarnya akan menggunakan model ASSURE; Analyze your students, State objectives, Select method of media, Utilize material, Require participation, and Evaluate and refine the results. Semua tahapan akan mengikuti aturan simtem penjamintas kualitas (simintas) Universitas Terbuka, agar mutu dan prosesnya memberikan jaminan kualitas bahan ajar untuk pendidikan tinggi jarak jauh. Sebagai acuan bahan ajar ini adalah 3 mata kuliah yang diberikan di College of Education, University of Iowa, USA, Belin Blank Center-International gifted and talented education yang mempunyai program gifted education. Rancangan mata kuliah akan memanfaatkan sumber-sumber lain yang relevan termasuk pengalaman dan rintisan di Indonesia. Karena ITU HUBUNGAN DENGAN Belin Blank Center International Program of Gifted and talented education terus dilakukan untuk pengumpulan data perkembangan pendidikan anakanak gifted diberikan di sekolah-sekolah Amerika. Bahan ajar yang akan dibuat akan menggunakan standar pokok universitas terbuka, yaitu format bahan ajar untuk pendidikan jarak jauh. Setiap Bahan ajar terdiri dari 9 modul untuk mata kuliah yang berbobot 3SKS, dan setiap modul berisi 2-3 kegiatan. Pada tahun pertama akan ditargetkan menghasilkan 1 rancangan mata kuliah 1 bahan ajar, dan prototype 1 bahan ajar1. Pada Tahun ke 2, diharapkan akan dihasilkan model final buku 1 yang siap diterbitkan dan protype 1 dan revisi protype buku 2. Pada akhir tahun ke 3 akan diselesaikan 3 model final bahan ajar untuk buku 1, 2, dan 3, yang siap diterbitkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_264
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, pendidikan, gifted, akselerasi
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 08 Nov 2016 03:33
Last Modified: 01 Oct 2018 01:24
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5810

Actions (login required)

View Item View Item