Suparman, and Hardjo, Sri and Mulyono, (2013) Pengembangan Game Edukasi sebagai Media Bantu Pembelajaran Drill And Practice untuk Persiapan Siswa Kelas XI Menghadapi Ulangan Kenaikan Kelas Mata Pelajaran Matematika. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.
|
Text
2013_101.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran drill ang practice sebagai upaya mempersiapkan siswa menghadapi kenaikan kelas. Hal ini akan membuat siswa terbiasa terhadap penerapan konsep, sehingga keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal-soal yyang bervariasi akan lebih terasah. Dengan latihan dalam menyelesaikan soal-soal matematika, siswa terampil dan cekatan dalam menghadapi soal-soal matematika yang beragam. Pelaksanaan penelitian ini alurnya adalah : Input – Proses – Out Come. Tahapan dalam pengembangannya : 1). Analisis Sistem mengenai kebutuhan data, informasi yang menjadi in put maupun out put , kebutuhan pengguna aplikasi yang akan dikembangkan. 2). Perancangan Game sebagai media bantu pembelajaran drill and practice yang terdiri dari : perancangan sistem, penentuan story telling/sinopsis dan perancangan alur cerita dengan menggunakan background dan environment, perancangan menu yang akan tampil. 3). Pembuatan Game, dibuat dengan menggunakan Adobe Flash CS3 Professional. 4). Pengujian Game, pengujian atau testing difokuskan pada logika internal dari perangkat lunak, fungsi eksternal dan mencari kemungkinan adanya kesalahan. Kebutuhan minimum sistem sudah tercukupi bahkan lebih yaitu : Window 98 SE,XP,Prosessor Intel Pentium III Mhz, Memori 128 MB direkomendasikan 256 MB, Ruang Hardisk 190. Dalam pengujian menggunakan teknik 1). Pengujian white box dan 2). Pengujian black box. Metode white box merupakan metode desain test case, dengan menggunakan struktur kontrol desain prosedural untuk memperoleh test case. Sedangkan pengujian black box merupakan pengujian terhadap produk sistem yang dilakukan untuk memastikan bahwa event atau masukan menjalankan proses yang tepat dan menghasilkan out put sesuai dengan rancangan. Perancangan sistem terdiri dari : 1). Use Case Diagram 2). Class Diagram 3). Activity Diagram dan 4). Sequense Diagram. Sedangkan rancangan Story Board meliputi >Pembuka Game Menu>Intro Level>Pilih Soal>Jawab Soal>Lihat Skor. Implementasi dalam penelitian ini menggunakan metode quasi experimental yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, sampelnya diambil dua kelas secara acak. Pelaksanaannya di SMAN 1 Semarang. Analisis hasil pengukuran Game dilakukan pengukuran statistika untuk mengetahui sejauh mana efektivitas hasil game edukasi yang sudah dibuat yaitu dengan cara uji banding rata-rat hasik UKK matematika dari kelas kontrol dan kelas eksperimen termasuk mana yang lebih baik dilihat dari rata-rata, statistika yang digunakan adalah uji statistik Independen Sample t test, paired sample t-test. Hasil uji normalitas data yang menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov, diolah dengan bantuan sofware SPSS versi 17.0, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,798 > 5 % untuk data nilai UKK kelas eksperimen dan signifikansi 0,680 % untuk data nilai kelas kontrol, kedua-duanya Ho diterima dan berdistribusi normal. Selanjutnya Out Put Uji Banding nilai UKK matematika kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan mean nilai UKK matematika kelas eksperimen = 79,64 standar deviasi = 9, 25 dan rata-rata error = 1, 54. Sedangkan mean nilai UKK matematika kelas kontrol = 70,32, standar deviasi = 6,82 dan rata-rat standar error = 1,17. Selanjutnya dengan harga t sebesar 4,773 dengan ti gkat signifikansi (sig 2-tailed) sebesar 0,000< 5 % yang berarti Ho ditolak. Berdasarkan hasil analisis perhitungan ini terdapat perbedaan rata-rata nilai yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dinyatakan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mean nilai UKK matematika kelas eksperimen sebesar 79,64 lebih baik dari mean niai UKK matematika kelas kontrol yang hanya sebesar 70,32. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menyatakan bahwa tahapan-tahapan analisia sistem, perancangan game, pembuatan game, dan pengujian game efektif digunakan sebagai media bantu pembelajaran drill and practice guna mempersiapkan siswa kelas XI menghadapi UKK mata pelajaran matematika. Respon siswa tentang penggunaan game menarik dan merupakan hal yang baru dan cukup menyenangkan bagi siswa ( 97,05 % ). Kemudahan dalam mengoperasikan, kemudahan aturan main dan memilih menu pada game, respon siswa sangat setuju dan setuju masing-masing 97,06%, 100% dan 91,18%, hal ini menunjukkan bahwa game ini relatif simpel dari sisi penggunaan dan dapat dijadikan media bantu pembelajaran. Respon siswa terhadap tampilan, animasi dan konten game menarik masing-masing 94,12%, 94,12% dan 100%, hal ini menunjukkan bahwa game relatif sesuai dengan minat dan selera siswa.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 2013_101 |
Uncontrolled Keywords: | Edukasi |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 08 Nov 2016 03:35 |
Last Modified: | 22 Feb 2019 07:07 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5811 |
Actions (login required)
View Item |