Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Pada Anak Usia Dini Melalui Pemberdayaan Kearifan Lokal

Tatminingsih, Sri and Triyono, Triyono (2013) Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Pada Anak Usia Dini Melalui Pemberdayaan Kearifan Lokal. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2013_103.pdf

Download (767kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan model pembelajaran motorik pada anak usia dini melalui pemberdayaan kearifan local; mengetahui seberapa besar peningkatan dan manfaat yang terjadi dalam perkembangan motorik anak usia dini melalui penerapan kearifan lokal dalam kegiatan pengembangan motorik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menstimulasi perkembangan anak, meningkatkan kemampuan motorik, khususnya perkembangan motorik anak usiaTK (4-6 tahun), memberikan alternatif kegiatan bermain dengan berbasis kearifan local, membudayakan anak untuk terampil bergerak/mengolah tubuh, mendorong guru untuk dapat lebih kreatif menciptakan kegiatan maupun sarana belajar yang sesuai dengan perkembangan anak dan situasi, budaya serta kondisi yang ada di TK-nya, mengenalkan dan berupaya melestarikan kearifan lokal pada anak usia dini. Harapan yang lain yaitu memberi kesempatan pada anak didik di TK untuk meningkatkan kemampuan motoriknya tanpa harus kehilangan masa kanak-kanak yang penuh kegembiraan melalui kegiatan bermain sambil belajar yang menyenangkan, mengenalkan dan berupaya melestarikan kearifan lokal pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (Penelitian pengembangan) Dalam pelaksanaannya penelitian ini menggunakan metode: (a). Deskriptif (penelitian awal menghimpun data tentang kondisi yang ada), (b).Evaluatif (evaluasi proses uji coba pengembangan produk) dan (c). Eksperimen (uji keampuhan produk yang dihasilkan). Pelaksanaan penelitian dan uji coba direncanakan di sekolah Taman Kanak-Kanak dan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan asumsi bahwa di wilayah tersebut kearifan lokal (seni dan budaya) nya sangat kaya dan beragam

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2013_103
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Motorik
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 08 Nov 2016 03:51
Last Modified: 08 Nov 2016 03:51
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5820

Actions (login required)

View Item View Item