Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Media Komputer pada Pokok Bahasan Persamaan dan Pertidaksamaan Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Dasar (Pendas)

Hartati, Endang Sri and Ngatmanto, Edy (2014) Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Media Komputer pada Pokok Bahasan Persamaan dan Pertidaksamaan Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Dasar (Pendas). Project Report. Universitas Terbuka, Surakarta.

[img]
Preview
Text
2014_65.pdf

Download (796kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) apakah pembelajaran matematika dengan media menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada pembelajaran dengan media OHP, (2) apakah mahasiswa dengan motivasi belajar tinggi mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan dengan motivasi belajar sedang, dan motivasi belajar rendah, dan (3) manakah diantara penggunaan media dan media OHP yang dapat memberikan prestasi belajar matematika lebih baik pada mahasiswa dengan motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa mata kuliah matematika PGSD POKJAR UT Karanganyar Tahun Akademik 2013/2014. Teknik pengambilan sampel yang digunakan cluster random sampling yang terdiri dari 6 kelas sebagai sampel yang dipilih dari masing-masing kelas diperoleh 3 kelas sebagai kelas eksperimen 1 dengan jumlah siswa 120 mahasiswa, dan 3 kelas sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah 120 mahasiswa. Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi, angket dan tes. Instrument penelitian adalah angket motivasi belajar sejumlah 40 butir soal dan tes prestasi belajar sejumlah 25 butir soal. Prasyarat uji analis dilakukan uji normalitas dengan metode Lilliefors, uji homogenitas digunakan metode Bartlett dengan statistic uji Chi Kuadrat, dan uji keseimbangan dengan uji t. Teknik analisis data menggunakan anava dan jalan dengan sel tak sama, dengan taraf signifikan 5 %.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) prestasi belajar matematika mahasiswa yang diberikan pembelajaran dengan media lebih baik daripada mahasiswa yang diberikan pembelajaran dengan media OHP; (2) prestasi belajar matematika mahasiswa dengan metivasi belajar tinggi sama baiknya dengan prestasi belajar matematika dengan motivasi belajar sedang dan motivasi belajar rendah; (3) prestasi belajar antara mahasiswa dengan motivasi belajar tinggi, motivasi belajar sedang, dan motivasi belajar rendah berlaku sama (konsisten) untuk tiap-tisp penggunaan media pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_65
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Media , Motivasi Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 08 Nov 2016 04:13
Last Modified: 27 Feb 2019 09:25
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5832

Actions (login required)

View Item View Item