Evaluasi Formatif Bahan Ajar Evaluasi Pembelajaran Matematika (PEMA4302)

Puryati, and Paridjo, (2014) Evaluasi Formatif Bahan Ajar Evaluasi Pembelajaran Matematika (PEMA4302). Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2014_72.pdf

Download (623kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis ketepatan isi pada modul, mengidentifikasi desain instruksional modul, menganalisis pendapat mahasiswa mengenai kejelasan modul pada evaluasi satu-satu, menganalisis pendapat mahasiswa mengenai kualitas modul pada evaluasi kelompok kecil dan menghasilkan prototipe modul . Penelitian ini melalui empat tahap yaitu 1) review ahli; 2) evaluasi satu-satu; 3) evaluasi kelompok kecil; 4) ujicoba lapangan. Namun dalam penelitian ini hanya dilaksanakan sampai dengan tahap evaluasi kelompk kecil. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sedangkan narasumber dalam penelitian ini adalah dua orang ahli materi dan satu orang ahli desain instruksional. Selain itu peneliti juga melibatkan mahasiswa yang belum mengambil mata kuliah Evaluasi Pembelajaran matematika sebagai partisipan. Pada tahap awal yaitu tahap review ahli, ahli materi akan menganalisis kebenaran/akurasi isi, kemutakhiran isi, cakupan/keluasan isi, kedalaman isi. Sedangkan ahli desain instruksioanl akan melihat bagaimana kesesuaian isi dengan tujuan instruksional dan kesesuaian isi dengan strategi instruksioanal. Setelah modul direvisi berdasarkan masukan para ahli, dilanjutkan pada tahap evaluasi satu-satu dengan memilih mahasiswa yang mempunyai low, middle, high achievement. Informasi yang diharapkan pada tahap ini adalah tentang Clarity (kejelasan), Impact (dampak) dan Feasibility (kelayakan). Kemudian modul direvisi dan dilanjutkan dengan pengambilan data pada tahap evaluasi kelompok kecil. Informasi yang didapat pada tahap kelompok kecil lebih detail dari pada evaluasi satu-satu. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan secara triangulasi yang menggabungkan teknik pengumpulan data dokumentasi, kuesioner, wawancara, dan observasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_72
Uncontrolled Keywords: Bahan belajar, evaluasi pembelajaran, matematika
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 08 Nov 2016 04:54
Last Modified: 05 Jun 2020 03:46
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5855

Actions (login required)

View Item View Item