Penyelarasan Kurikulum S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)

Sriyono, and Mikdar, Syaeful and Sudarso, Yos (2014) Penyelarasan Kurikulum S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2014_84.pdf

Download (793kB) | Preview

Abstract

Upaya pemerintah mencerdaskan kehidupan bangsa melalui kebijakan memberlakukan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan dunia kerja. FKIP UT sebagai program pendidikan guru dalam jabatan, mendukung upaya pemerintah dengan melakukan penyelarasan kurikulum program studi di lingkungan unitnya Berdasarkan peraturan perundangan kurikulum yang mengacu pada pencapaian kompetensi menjadi mengacu pada capaian pembelajaran (learning outcomes). Guna untuk penyempurnaan kurikulum Program studi, tahapan yang harus dilalui adalah capaian profil lulusan; capaian pembelajaran program studi (CPP); dan capaian pembelajaran matakuliah (CPMK). Seluruh tahapan tersebut diselaraskan dengan level yang sesuai dengan program studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yaitu level 6 KKNI. Artikel ini membahas hasil penelitian yang bertujuan untuk melihat sejauhmana keselarasan struktur kurikulum S1 Pendidikan Kewarganegaraan dengan KKNI dan apakah telah mengakomodasikan isi dan strategi pembelajaran sesuai capaian profil lulusan (CPL), memetakan kelompok matakuliah menurut fungsi dan rumpun keilmuan relevansinya dengan capaian pembelajaran matakuliah, capaian pembelajaran matakuliah (CPMK) sesuai tuntutan KKNI. Tujuan Penelitian ingin mendapatkan gambaran secara umum struktur kurikulum keterkaitannya dengan rumusan capaian lulusan program. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dengan pendekatan model discrepancy evaluation model (DEM) yang berjudul Penyelarasan Kurikulum S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Data penelitian menunjukkan rumusan capaian profil lulusan (CPL) Program S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan keterkaitannya dengan KKNI Rumusan Sikap tersebut telah tercermin dalam kelompok matakuliah pada rumpun Pengembangan Kepribadian selaras dengan KKNI utamanya unsur rumusan Tata Nilai. tetapi tidak menyatu atau terintegreted dalam capaian setiap matakuliah, memetakan kelompok matakuliah menurut fungsi dan rumpun keilmuan relevansinya dengan KKNI dan materi Buku Materi Pokok (Modul) masih sangat menekankan pada penguasaan pengetahuan dan belum mengakomodasi ke empat unsur KKNI secara utuh.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_84
Uncontrolled Keywords: Penyelarasan, Kurikulum dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
Subjects: 300 Social Science > 320-329 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan) > 320.509598 Political Ideologies in Indonesia (Ideologi Politik di Indonesia)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375.001 Curriculum Development (Perkembangan Kurikulum)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 08 Nov 2016 08:26
Last Modified: 18 May 2020 09:23
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5909

Actions (login required)

View Item View Item