Studi Persepsi dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program S1 PGSD Terhadap Layanan Bantuan Belajar Online Di UPBJJ-UT Surakarta

Harsasi, and Yono, SA (2014) Studi Persepsi dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program S1 PGSD Terhadap Layanan Bantuan Belajar Online Di UPBJJ-UT Surakarta. Project Report. Universitas Terbuka, Surakarta.

[img]
Preview
Text
2014_292.pdf

Download (767kB) | Preview

Abstract

Tutorial online(Tuton) adalah salah satu layanan belajar bagi mahasiswa UT yang bertujuan untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa berinteraksi dengan tutor dan mahasiswa lainnya secara intensif. UPBJJ Surakarta adalah wilayah yang memungkinkan mahasiswa untuk memanfaatkan tuton,namun yang mengikuti tuton hanya sebagian kecil saja. Oleh sebab itu dipandang perlu untuk mengetahui persepsi dan kemandirian belajar mahasiswa terhadap tuton. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kendala yang dihadapi mahasiswa dalam mengikuti tuton, dan manfaatnya adalah untuk memotivasi belajar mahasiswa serta mendorong agar menjadi guru yang lebih profesional. Populasi adalah mahasiswa S1 PGSD semester 2 masa Reg.2041.1 sejumlah 330 mahasiswa, sampel berjumlah 34 ditentukan secara random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) persepsi mahasiswa tentang tuton secara keseluruhan, berimbang antara yang positif(50%) dan negatif(50%). Sedangkan secara lebih rinci, penginderaan, suasana hati, pengalaman sebelumnya, dan pengalaman orang lain merupakan bagian persepsi yang positif. Kebutuhan,keinginan dan karakteristik objek merupakan hal yang negatif,serta perhatian merupakan hal yang merata, 2)kemandirian belajar mahasiswa secara keseluruhan diketahui: 55,9% mahasiswa masuk pada kategori rendah, 44,1% termasuk kategori tinggi. Secara rinci, tanggung jawab dan kontrol diri merupakan indikator yang termasuk tinggi, ketidak tergantungan kepada orang lain, kepercayaan diri, dan disiplin termasuk rendah, serta inisiatif mahasiswa ,3)Mahasiswa yang memiliki persepsi positif cenderung memiliki kemandirian belajar tinggi, sedangkan mahasiswa dengan persepsi negatif cenderung memiliki kemandirian belajar rendah, 4) Kendala yang dihadapi adalah mahasiswa kurang akrab dengan alat(komputer, laptop,warnet),belum bisa meninggalkan kebiasaan belajar secara tatap muka,dan kegiatan kemasyarakatan menyita waktu belajar. Untuk mengatasi hal itu pemberian dorongan dan semangat mengikuti tuton dari pihak-pihak di luar diri mahasiswa,khususnya UT harus dilakukan secara intensif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_292
Uncontrolled Keywords: layanan bantuan belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 08 Nov 2016 08:37
Last Modified: 08 Aug 2018 02:39
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5917

Actions (login required)

View Item View Item