Pengembangan Model Tutorial Pendidikan Matematika 1 dengan Metode Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Dan Satisfaction) di UPBJJ-UT Surabaya

Pramonoadi, and Zainullah, Achmad and Siswono, Tatag Yuli Eko and Manuharawati, (2013) Pengembangan Model Tutorial Pendidikan Matematika 1 dengan Metode Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Dan Satisfaction) di UPBJJ-UT Surabaya. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2013_116.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan model tutorial yang menggunakan metode ARIAS dalam implementasinya di kelas tutorial tatap muka. Penelitian ini didasari beberapa teori belajar tingkah laku behavioristik, kognitif dan konstruktivisme yang akan mendukung pola pelaksanaannya. Metode pengembangannya menggunakan four D Model dari Thiagarajan. Secara umum, tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model tutorial Pendidikan Matematika 1 dengan metode ARIAS yang dapat meningkatkan keaktifan, kemandirian dan hasil belajar mahasiswa S1 PGSD di UPBJJ-UT Surabaya. Manfaat yang akan diperoleh perangkat tutorial Pendidikan Matematika 1 yang berorientasi pada peningkatan kualitas tutorial yang akan meningkatkan hasil belajar mahasiswa sebuah inovasi dibidang teknologi pembelajaran yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model tutorial di S1 PGSD. Hasil pengembangan RAT, SAT, RTT, menunjukkan bahwa perangkat tutorial yang dikembangkan memenuhi validitas, efektifitas dan kepraktisan. Tutorial dengan metode Arias meningkatkan hasil belajar, aktivitas dan kemandirian mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2013_116
Uncontrolled Keywords: Model Pendidikan; Matematika
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 08 Nov 2016 08:40
Last Modified: 08 Feb 2019 06:55
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5919

Actions (login required)

View Item View Item