Priono, Mochamad and Darmayanti, Tri and Asih, Irsanti Widuri (2014) Pengembangan Prototipe Bahan Ajar Mata Kuliah Metode Penelitian Komunikasi bagi Perguruan Tinggi Berbasis Sistem Pendidikan Jarak Jauh. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.
|
Text
2013_120.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
Bahan ajar cetak pada pendidikan tinggi jarak jauh (PTJJ) merupakan bagian yang sangat penting dari proses pembelajaran. Hal ini disebabkan pada PTJJ, dosen tidak hadir secara tatap muka dengan mahasiswa, sehingga dapat dikatakan bahan ajar merupakan 'pengganti keberadaan dosen'. Mata kuliah Metode Penelitian Komunikasi merupakan mata kuliah yang tidak saja menjelaskan secara teori metode penelitian di bidang komunikasi, tetapi juga menuntut agar kompetensi mahasiswa mencapai tingkatan praktis. Oleh karena itu, diperlukan suatu bahan ajar yang dirancang dengan sempurna agar tujuan kompetensi mata kuliah tersebut dapat dicapai. Penelitian ini diharapkan menghasilkan bahan ajar mata kuliah Metode Penelitian Komunikasi yang ideal untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa pada sistem PTJJ. Selanjutnya, bahan ajar yang dirancang ini tidak saja dapat dipakai oleh mahasiswa di perguruan tinggi dengan pendekatan sistem belajar jarak jauh, tetapi juga dapat dijadikan buku pegangan (hand book) bagi dosen dan mahasiswa yang belajar di perguruan tinggi konvensional (tatap muka). Komponen penting dalam pengembangan bahan ajar pada PTJJ adalah muatan yang relevan, arah yang jelas, kontrol proses pembelajaran ada di tangan mahasiswa, alat untuk memusatkan perhatian, mekanisme megukuri penguasaan materi, materi yang bermanfaat, aktif, dan menarik. Secara substantif, ahli materi prototipe masih perlu melakukan penyempurnaan, seperti dalam menjelaskan paradigma dan perspektif dalam penelitian komunikasi dan proses (tahap) penelitian kuantitatif. Selain itu, penjelasan tentang teori dan peta teori juga harus dipertajam untuk membantu pemahaman mengenai konseptualisasi dan operasionalisasi. Prototipe juga perlu diperkaya dengan contoh-contoh yang relevan dengan bidang ilmu komunikasi. Sementara itu, ahli media pembelajaran menekankan perlunya tinjauan mata kuliah, dan keterkaitan antarmodul. Kekurangan yang masih nampak adalah kurang relevannya illustrasi dan latihan dengan materi yang dibahas. Selain itu, ahli media pembelajaran juga menemukan penggunaakan kata yang tidak baku dan penomoran yang kurang mengikuti kaidah penomoran yang standar. Contoh-contoh perlu diperbanyak karena mahasiswa tidak bertemu secara langsung dengan pengajar. Ada beberapa kompetensi yang pencapaiannya lebih sesuai apabila instrumen pengukuran yang digunakan bukan tes. Adapun keterkaitan antara kegiatan belajar dan cakupan materi sesuai judul telah diuraikan secara memadai. Dengan demikian, harus dilakukan penyempurnaan prototipe sesuai masukan para ahli dan mahasiswa. Sementara itu, dari sisi mahasiswa, struktur materi pelajaran dinilai runtun, jelas, dan memberikan wawasan. Bahasa dan susunan kalimat mampu menjelaskan dengan baik, namun ditemukan beberapa kalimat tak jelas. Penjelasan tentang materi/topik menurut mahasiswa sudah jelas, namun kurang penjabarannya. Ilustrasi sebagai penjelasan materi tidak ada, contoh terlalu singkat dan materi latihan cukup baik. Mahasiswa berpendapat bahwa dampak prototipe terhadap mereka telah memberikan efek peningkatan pengetahuan dan keterampilan. Menurut responden, prototipe layak menjadi bahan ajar namun perlu penyempurnaan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 2013_120 |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 08 Nov 2016 09:23 |
Last Modified: | 24 Sep 2018 03:17 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5934 |
Actions (login required)
View Item |