Suhartono, and Sukiniarti, (2012) Pengembangan Latihan/Kuis Dalam Modul Yang Interaktif Dan Variatif (Buku Materi Pokok Konsep Dasar IPS/PDGK4102). Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.
|
Text
2012_164.pdf Download (991kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi model dan memperbaiki kualitas bahan ajar dengan mengemas latihan/quiz pada modul PDGK4102/Konsep Dasar IPS yang lebih interaktif dan variatif sebagai bahan ajar PJJ pada program S1 PGSD-UT sebagai upaya mendukung kompetensi mahasiswa. Evaluasi bahan ajar melibatkan unsur-unsur yang dapat memberikan perbaikan pada modul yaitu mahasiswa, para pakar yang memahami karakteristik modul, baik untuk materi, media, bahasa dan para dosen/tutor. Berbagai masukan dan evaluasi sangat bermanfaat dalam memperoleh informasi terhadap “kekurangan” bahan ajar. Informasi ini selanjutnya dimanfaatkan sebagai dasar untuk merevisi bahan ajar. Waktu penelitian pada bulan April-November 2012. Metode penelitian dikembangkan melalui tiga langkah penelitian, yaitu tahap studi pendahuluan, uji coba satu lawan satu sebanyak 3 mahasiswa, dan uji kelompok kecil (small group) sebanyak 10 mahasiswa. Penerapan ini didasarkan pada pendekatan pembelajaran sebagai sistem (input–proses-output) yang terdiri dari beberpa komponen yang berinterfungsi untuk mencapai tujuan; berkenaan dengan model untuk menghasilkan desain–implementasi-evaluasi dan tindak lanjut. Pengumpulan data dilakukan melalui tahapan analisis konten, wawancara, dan pengisian kuesioner (terbuka dan tertutup). Hasil penelitian menunjukkan: perbaikan latihan dalam modul mencakup lima katagori, (1) Kebutuhan latihan bagi mahasiswa untuk pengayaan dan pemahaman materi, (2) Kesesuaian latihan dengan pendalaman dan keluasan materi yang telah dipelajari pada bahasan modul, (3) Pola latihan yang interaktif dan variatif (tidak kaku dan monoton), (4) Bahasa yang digunakan dalam latihan sistematis dan runtut, (5) Latihan dilengkapi dengan rambu-rambu/petunjuk dan media grafis yang mendukung penguasaan materi. Latihan yang dikembangkan adalah mengacu pada kesesuaian dan cukup dimengerti. Adanya tampilan latihan yang bervariasi akan lebih dapat memotivasi untuk pengayaan materi dan tidak membosankan. Berdasarkan hasil angket mahasiswa uji kelompok kecil diketahui bahwa secara keseluruhan persentase yang diperoleh hampir rata-rata pada setiap item sebesar 85-90% menyatakan model latihan/kuis yang dikembangkan sesuai. Hasil tersebut termasuk dalam kriteria baik.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 2012_164 |
Uncontrolled Keywords: | Buku Materi Pokok , Konsep Dasar IPS, Latihan/Kuis |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 09 Nov 2016 02:28 |
Last Modified: | 21 Aug 2019 03:23 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5966 |
Actions (login required)
View Item |