Pengaruh Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Program Cabri 3D Terhadap Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematis Siswa SMA di Kota Tasikmalaya

Nurhajati, Nurhajati (2013) Pengaruh Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Program Cabri 3D Terhadap Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematis Siswa SMA di Kota Tasikmalaya. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41541.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan penalaran dan koneksi maternatis antara siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif dengan menerapkan pendekatan konstruktivisme berbantuan program Cabri 3D, pembelajaran kooperatif dengan pendekatan konstruktivisme tanpa bantuan program Cabri 3D, dan' pembelajaran konvensional, dilihat dari pengetahuan awal matematika untuk siswa kelompok alas dan kelompok bawah. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen tentang pengaruh penerapan pendekatan konstruktivisme melalui model pembelajaran kooperatif berbantuan program Cabri 3D terhadap kemampuan penalaran dan koneksi maternatis siswa SMA di kola Tasikmalaya yang dilakukan di SMA Negeri 7 Tasikmalaya. Desain penelitian menggunakan Posttest-Only Control Design. Subjek populasi adalah seluruh siswa SMA Negeri 7 Tasikmalaya dengan mengambil tiga sampel kelas X SMA Negeri 7 Tasikmalaya secara acak dari 7 kelas yang ada, dengan subjek sebanyak 91 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran dan kemampuan koneksi matematis siswa pada rnated Dimensi Tiga. Analisis hipotesis menggunakan ANOVA satu dan dua jalur, yang dilanjutkan dengan uji post-hoc yaitu uji Scheffe dan uji Tukey, Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penalaran dan koneksi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif dengan pendekatan konstruktivisme berbantuan program Cabri 3D, pembelajaran kooperatif dengan pendekatan konstruktivisme tanpa program Cabri 3D dan pembelajaran konvensional ditinjau dan pengetahuan awal matematika untuk kelompok atas dan kelompok bawah. Kemampuan penalaran dan koneksi matematis siswa kelompok bawah pada pembelajaran kooperatif dengan pendekatan konstruktivisme berbantuan program Cabri 3D lebih baik dibandingkan kemampuan kemampuan penalaran dan koneksi matematis siswa pads pembelajaran kooperatif dengan pendekatan kOl1struktivisme tanpa bantuan Cabri 3D dan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivisme dengan model pembelajaran kooperatif berbantuan program Cabri 3D berpengaruh terhadap kemanlpuan penalaran dan koneksi matematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41541.pdf
Uncontrolled Keywords: cooperative learning, constructivist approach, mathematical reasoning ability, mathematical connections, Cabri 3D, Pembelajaran kooperatif, pendekatan konstruktivisme, kemampuan penalaran maternatis, koneksi rnatematis, program Cabri 3D
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 02 Aug 2016 03:31
Last Modified: 02 Aug 2016 03:31
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/598

Actions (login required)

View Item View Item