Penerapan Pembelajaran Matematika Melalui Pemanfaatan Media Big Book Berbasis Pendidikan Karakter di Kelas III SD

Indriasih, Aini (2012) Penerapan Pembelajaran Matematika Melalui Pemanfaatan Media Big Book Berbasis Pendidikan Karakter di Kelas III SD. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2012_178.pdf

Download (946kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang wajib bagi siswa, pada kenyataannya siswa banyak yang kesulitan memahami materi matematika yang abstrak. Model pembelajaran matematika dengan media big book menjadi salah satu alternatif pendekatan pembelajaran. Penelitian ini mengimplementasikan model pembelajaran dengan menggunakan media big book pada mata pelajaran matematika materi soal cerita di kelas III SD. Tujuan penelitian ini untuk (1) menganalisis efektivitas model pembelajaran dengan menggunakan media big book dalam meningkatkan keterampilan berproses dan hasil belajar matematika, (2) menganalisis pengaruh dan seberapa besar pengaruh keterampilan berproses siswa terhadap hasil belajar matematika (3) menganalisis adanya perbedaan hasil belajar matematika dengan dengan media big book, dan kelompok kontrol dengan media selain big book. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SD, terdiri dari 3 kelas, tiap-tiap kelas berjumlah 30 atau 32 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling untuk mengambil dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Variabel bebas adalahkeaktifan dan keterampilan berproses serta variabel terikanyat hasil belajar siswa. Cara pengambilan data dengan metode pengamatan dan metode tes (pencil-paper test). Data yang diperoleh di analisis deskriftif, analisis regresi dan uji analisis varians satu jalan (Anava). Hasil penelitian, secara deskriptif keterampilan berproses pada kelas eksperimen menunjukkan kategori tinggi dan bersifat tidak homogen. Berdasarkan analisis regresi pada kelas eksperimen, keterampilan berproses berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 61,6% dan keaktifan siswa berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 64,8%. Berdasarkan uji Anava menunjukkan hasil belajar pada kelas eksperimen lebih baik dari pada hasil belajar kelas kontrol.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2012_178
Uncontrolled Keywords: big book, pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 09 Nov 2016 04:02
Last Modified: 08 Oct 2018 03:49
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6001

Actions (login required)

View Item View Item