PERANAN PENGUASAAN MAHASISWA S1 PGPAUD UT TERHADAP MATA KULIAH PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL (PKP) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN

Amini, Mukti and Sopandi, Agus Tatang (2012) PERANAN PENGUASAAN MAHASISWA S1 PGPAUD UT TERHADAP MATA KULIAH PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL (PKP) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2012_183.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peningkatan Kemampuan Profesional (PKP) merpakan salah satu mata kuliah di program studi S1 PGPAUD-UT pada semester 9, yang disediakan layanan bimbingan bantuan belajar. Mata kuliah ini termasuk mata kuliah yang khas karena tidak ada Ujian Akhir Semester (UAS), tetapi ada tuntutan melakukan praktik perbaikan pembelajaran di kelasnya sendiri dan menyerahkan laporan PKP. Layanan bimbingan untuk PKP dilaksanakan selama 8 kali dalam satu semester. Ternyata terdapat banyak kendala berkaitan dengan pelaksanaan mata kuliah ini baik dalam pembimbingan di kelas tutorial maupuan pelaksanaan teknis di lapangan. Untuk itu, perlu dilakukan penelitian tentang peranan penguasaan mahasiswa S1 PGPAUD-UT terhadap mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada empat hal yaitu: pemahaman mahasiswa terhadap langkah PKP, kendala yang dialami mahasiswa, faktor yang mempengaruhi penguasaan mahasiswa terhadap PKP, dan pengaruh PKP terhadap kualitas pembelajaran selama melakukan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2012.1 di pokjar Serpong UPBBJ-UT Serang, dengan responden 9 mahasiswa semester 9 yang mengikuti bimbingan PKP dalam satu kelompok bimbingan. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif, dengan intsrumen: wawancara, observasi dan analisis dokumen. Selain kepada mahasiswa, juga dilakukan wawancara dengan supervisor 2/penilai dan observasi praktik perbaikan mahasiswa di lapangan sebagai upaya triangulasi data. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemahaman mahasiswa terhadap langkah PKP sudah cukup baik, masalah yang diangkat memang nyata terjadi d kelasnya, dan fokus pada masalah. Kendala yang dialami mahasiswa terutama adalah pada saat pembuatan laporan PKP, khususnya dalam menyusun Bab I sub bab latar belakang dan Bab III serta Bab IV. Sedang faktor-faktor yang dianggap mempengaruhi penguasaan PKP adalah ketekunan dalam mempelajari buku panduan PKP, rajin bertanya, kehadiran pada saat pembimbingan, serta penjelasan tutor yang menyeluruh. PKP berpengaruh baik terhadap kualitas pembelajaran selama melakukan penelitian karena mahasiswa merasa jadi lebih tahu untuk menyelesaikan masalah pembelajaran melalui PTK dan berniat akan menggunakan PTK jia nanti menghadapi kasus-ksaus pembelajaran serupa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2012_183
Uncontrolled Keywords: pemantapan kemampuan profesional, kualitas pembelajaran
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 09 Nov 2016 04:35
Last Modified: 09 Nov 2016 04:35
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6013

Actions (login required)

View Item View Item