Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD

Julaeha, Siti and Suratinah, and Wahyuni, Sri and Juhana, (2012) Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2011_15.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang harus dikembangkan agar siswa mampu mengidentifikasi dan memecahkan masalah serta mengomunikasikan solusi pemecahan masalah secara jelas kepada orang lain. Penelitian ini dilaksaksanakan untuk menghasilkan model pembelajaran yang dapat memfasilitasi pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa SD. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D) tetapi hanya dibatasi sampai pada pengembangan model hipotetik dari model pembelajaran, dengan tahapan: studi pustaka dan studi pendahuluan melalui survei serta pengembangan model. Penelitian ini dilakukan di tingkat sekolah dasar dengan subjek penelitian guru SD yang menjadi mahasiswa Program S1 PGSD UT yang mengikuti tutorial di Kota Tangerang Selatan dan guru SD di wilayah Kota Tangerang Selatan. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket dan wawancara dengan guru serta observasi pembelajaran di sekolah. Data dianalisis melalui teknik analisis deskriptif kuantitiaf dan kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman guru terhadap konsep kemamapuan berpikir kritis sangat bervariasi; (2) kemampuan berpikir kritis perlu dikembangkan agar siswa dapat memecahkan masalah, mampu menilai atau memilih dan memilah segala sesuatu serta berpikir cepat dan objektif sehingga terhindar dari hal-hal yang bersifat menjebak, dapat memberikan masukan dan ide baru, serta dapat memotivasi diri sendiri dan orang lain; sehingga menjadi orang yang lebih baik dan lebih percaya diri, yang pada akhirnya siswa akan mampu mengembangkan diri; (3) kemampuan berpikir kritis dapat dikembangkan mulai dari tingkat sekolah dasar karena berkembangnya kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu tugas perkembangan siswa, banyaknya manfaat yang diperoleh dari penguasaan kemampuan berpikir kritis, sesuai dengan tuntutan pengembangan pola pikir sejak dini, serta karena tuntutan perkembangan teknologi informasi; (4) pengembangan kemampuan berpikir kritis dapat dilakukan dalam pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi, melakukan tanya jawab, dan/atau melakukan penelitian atau percobaan yang menuntut siswa mengidentifikasi dan memecahkan masalah serta mengomunikasikan solusi pemecahan masalah secara jelas kepada orang lain; (5) guru belum dapat melakukan semua kegiatan tersebut; (6) guru perlu menguasai keterampilan dasar mengajar, memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas, menguasai materi, serta memiliki kemampuan berbicara atau berbahasa yang baik untuk dapat melaksanakan pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa; (7) kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa berkaitan dengan keterbatasan sumber belajar dan waktu, serta kemampuan guru dan karakteristik siswa; (8) penyediaan media pembelajaran, kerjasama, penyediaan buku sumber, dan pembinaan kemampuan guru merupakan bantuan yang diperlukan guru untuk dapat melaksanakan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa; serta (9) model pembelajaran yang menerapkan konsep Socrates Questioning dengan tahapan: Orientasi, Diversifikasi, Rekonsiliasi, Rekonsiliasi dan Diversifikasi Lebih lanjut, serta Rekonsiliasi Akhir, merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat memfasilitasi pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian lanjutan perlu dilakukan untuk mengetahui tingkat efektivitas model yang dikembangkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2011_15.pdf
Uncontrolled Keywords: pengembangan, model pembelajaran, kemampuan berpikir kritis
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 09 Nov 2016 07:06
Last Modified: 09 Nov 2016 07:06
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6040

Actions (login required)

View Item View Item