Identifikasi Dan Validasi Pengetahuan Matematika Untuk Mengajar Pembagian Bilangan Pecahan

Sugilar, and Tarhadi, (2014) Identifikasi Dan Validasi Pengetahuan Matematika Untuk Mengajar Pembagian Bilangan Pecahan. Project Report. Universitas Terbuka, Bengkulu.

[img]
Preview
Text
2014_111.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengetahuan matematika untuk mengajar (mathematical knowledge for teaching) merupakan pengetahuan matematika bagi guru yang mengajar matematika yang memungkinkan ia dapat memberikan penjelasan dan definisi yang akurat dan dapat dipahami, mengajukan pertanyaan Yang baik, menilai pembelajaran dan merencanakan kegiatan pengajaran, memberikan contoh gagasan matematika dan menghubungkannya dengan gagasan matematika yang lain, menilai buku teks, dan memilih bahan-bahan pengajaran. Tiga komponen PMM yang menjadi fokus penelitian ini ialah: pengetahuan matematika umum (common mathematical content knowledge), pengetahuan matematika khusus (specialized mathematical content knowledge, dan pengetahuan matematika wawasan (horizon mathematical content knowledge). Sebagai sebuah model pengembangan PMM, penelitian ini mengambil topik khusus, yaitu pengetahuan matematika untuk mengajar pembagian bilangan pecahan di Sekolah Dasar dan dilaksanakan dalam dua tahun penelitian. Tahun pertama, penelitian ini merupakan identifikasi PMM yang menghasilkan seperangkat kompetensi dasar PMM pembagian bilangan pecahan bagi guru SD, butir soal untuk menguji kompetensi tersebut, dan bahan ajar berbentuk modul untuk mencapai kompetensi dasar tersebut. Metode penelitian yang digunakan pada tahun pertama ini ialah metoda Delphi untuk mendapatkan konsesus dari para dosen program studi pendidikan matematika dalam merumuskan kompetensi dasar PMM yang dibutuhkan para guru berdasarkan beberapa teori PMM. Hasil identifikasi PMM yang melibatkan lima narasumber dan dua putaran metoda Delphi menghasilkan 16 butir PMM. Berdasarkan 16 kompetensi guru untuk PMM tersebut dikembangkan bahan ajar modul untuk pelatihan guru SD dalam mengajarkan pembagian bilangan pecahan dan tes PMM bagi guru. Tahun kedua, penelitian ini akan melaksanakan pelatihan bagi guru mengenai PMM pembagian bilangan pecahan. Selanjutnya, pada tahun kedua, ini dikumpulkan data skor PMM pembagian bilangan pecahan dan skor hasil belajar siswa mengenai pembagian bilangan pecahan. Mengingat data yang dikumpulkan mengandung beberapa level data (seperti sekolah, kelas, guru, siswa) yang dapat mempengaruhi skor hasil belajar siswa, maka pada analisis data akan digunakan Hierarchial Linear Model untuk menguji dan mengukur besaran kontribusi pengetahuan guru mengenai masing-masing pengetahuan umum, khusus, dan wawasan dalam PMM (Pengetahuan Matematika untuk Mengajar) terhadap hasil belajar siswa dalam materi pembagian bilangan pecahan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_111
Uncontrolled Keywords: identifikasi, validasi, pengetahuan matematika, mengajar, bilangan pecahan
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 09 Nov 2016 09:22
Last Modified: 25 Jul 2019 06:51
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6089

Actions (login required)

View Item View Item